Kunjungi Tempat Pemindangan Kusamba, Bupati Suwirta Upayakan Gasifier Pengganti Kayu Bakar - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

Post Top Ad

Responsive Ads Here

7/13/20

Kunjungi Tempat Pemindangan Kusamba, Bupati Suwirta Upayakan Gasifier Pengganti Kayu Bakar


Klungkung, dewatanews.com - Usai mengunjungi TOSS Center, Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta melanjutkan kunjungannya untuk melihat proses pemindangan ikan di tempat pemindangan Desa Kusamba, Kecamatan Dawan, Kabupaten Klungkung, Senin (13/7) Siang. Turut hadir Kepala Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan Kabupaten Klungkung I Wayan Ardiasa.

Dalam pandangannya dilapangan, banyak tumpukan kayu bakar dan asap pembakaran. Bupati Suwirta berinisiatif untuk kembali membuat inovasi dengan memanfaatkan Gasifier (gas) sebagai pengganti kayu bakar. Gasifier ini akan memanfaatkan bahan bakar dari pellet yang dihasilkan dari pengolahan sampah di TOSS Center. Didampingi petugas dari STT PLN Jakarta yang ada di TOSS Center, Bupati Suwirta menugaskan untuk membuat Gasifier dengan kapasitas yang lebih besar. Dengan bahan bakar pellet, gasifier itu nantinya akan dimanfaatkan untuk pemindangan.

“Terkait dengan TOSS Center yang kita miliki dan sekarang sudah menghasilkan pelet yang begitu banyak. Saya sudah tugaskan STT PLN untuk segera membuat alat gasifier yang lebih besar, sehingga para pemindang bisa menggunakan gas yang dihasilkan oleh gasifier itu sendiri untuk mengolah ikan di tempat ini," ujar Bupati Suwirta.

Menurut Bupati, gasifier itu bahan bakarnya menggunakan sampah yang sudah diolah menjadi pelet. Pelet yang dihasilkan dari TOSS Center nanti akan dibuatkan gasifier ditempat ini untuk digunakan sebagai alat pengganti bahan bakar, sehingga nantinya asap maupun sampah bisa berkurang dan sirkulasi pengolahan sampah ini juga bisa berjalan dengan baik.

"Semoga upaya ini bisa berjalan lancar agar kesehatan para pemindang tetap terjaga dengan baik," harap Bupati Suwirta. (DN - RLS)

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here