Perlu Diberikan Pemahaan, Masih Banyak Warga Salah Artikan New Normal - Dewata News

Breaking News

Home Top Ad

Gold Ads (1170 x 350)

6/22/20

Perlu Diberikan Pemahaan, Masih Banyak Warga Salah Artikan New Normal


Gianyar, dewatanews.com - Bertambah banyaknya warga Kabupaten Gianyar positif Covid-19, menjadi kekawatiran berbagai pihak. Tak terlapas dari kesadaran warga, anggota DPRD pun menyayangkan, pemahaman berbagai kebijakan yang pemerintah daerah  direspon berbeda masyarakat.

Seperti istilah New Normal yang harus disikapi dengan desiplin warga tetap menjadi mengindahkan protokol kesehatan, memakai masker, cuci tangan, jangan jarak serta hindari tempat keramaian, juga katagorikan lemah.

"Disinilah pentingnya kesadaran dari masyarakatnya sendiri", ungkap I Wayan Eka Yana, anggota DPRD Gianyar, Senin (22/06), terkait semakin banyaknya jumlah kasus warga yang positif Covid-19 di wilayah Gianyar saat ini.

Eka Yana menganggap masih banyak warga yang justru menyalah artikan istilah new normal saat ini, padahal sejatinya protokol kesehetan yg sudah dihimbau oleh pemerintah mestinyanya harus ditaati, dalam status new normal sekalipun. Bahkan sebaliknya, adanya wacana new normal seolah diartikan oleh masyarakat sebagai kondisi yg sdh terbebas dari covid dan lupa akan protokol kesehatan.

Lebih-lebih aktifitas ditempat keramaian, dalam kondisi pandemi, harusnya masyarakat memahami, dalam setiap kegiatan mesti ikut protokol kesehatan.
Tidak elok juga jika pemerintah terus menerus hanya menyarakan warga tetap dirumah ataupun bekerja dari rumah. Padahal sebagian pekerjaan juga harus diambil dan selesaikan di luar rumah dan harus ke lapangan ataupun tempat kerja.

"Hal ini jg sangat dilematis, mengingat utk bertahan hidup masyarakat kita juga butuh makan", ungkapnya.

Diakui dalam situasi yg tidak menentu seperti saat ini juga menyebabkan masyarat  pasrah dengan hukum alam. Namun demikian, dingatkan pihak pemerintah dan seluruh element sudah berjuang dengan sangat maksimal untuk mampu mengatasi hal situasi yang sudah tentu merugikan semua pihak. Walau demikian, terpenting menurutnya adalah kerjasama  gotong-royong serta saling peduli dalam menghapi musibah ini.

Mengedukasi masyarakat untuk lebih memahami, mencegah dan mengikuti protokol, serta mengefektipkan satgas di masing-masing wilayah menjadi hal mutlak yang harus dilakukan. Jika ini dijalankan, pihaknya berkeyakinan, dengan kontrol masyarakat yang lebih majemuk, mata rantai penyebaran covid-19, bisa ditekan. Seperti data hari ini,  Di  Kabupaten Gianyar 77 orang dinyatakan positif Covid-19,  46 orang sembuh dan 1 meninggal dunia. (DN - CiN)

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com