ANACARAKA, Cerminan Hidup Manusia - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

10/8/15

ANACARAKA, Cerminan Hidup Manusia


Jakarta, Dewata News. Com - Ketika banyak pertanyaan tentang abjad huruf Sansekerta dan  apa ada arti serta maknanya A NA C A R A K A ....? Tergelitik dari pertanyaan itu dan karena ingin tahu, kemudian saya mendapat jawaban dari seorang Tokoh Hindu.  

Dimulailah perbincangannya dengan kata pembuka yang sangat  menyejukkan. Alkisah  bahasa Sansekerta dan Jawi Kuno itu sudah sejak lama ada, sejak Hindu masuk pulau Jawa, kemudian sosialisasinya lebih intens dimulai sejak Kerajaan Medang Kemulan (Kemuliaan) jaman Prabu Windula. Ini berhubungan dengan Sunda Wiwitan dan juga  pada jaman Sri Aji Saka saat  dimulainya Tahun Baru Saka.

Pada masa itulah telah digalakkan pengajaran dengan  bahasa dan tulisan Sansekerta beraksara:  Ana Caraka  Data Sawala Magaba Pada Jayanya. Ternyata masing-masing  aksara ini  mempunyai arti sbb: Ana artinya wenten (ana ada byakta, abyakta, ane sing ada), atau Ana sama artinya  dengan  Ida Hyang Widi. Sedangkan Caraka artinya manusia. Data artinya pegangan hidup, baik dan buruk. Sawala sama dengan aji itu ilmu pengetahuan, Magaba artinya didiskusikan. 

Pada Jayanya artinya melah jele peswecan Ida Betara atau baik buruk itu juga anugerah dari Ida Betara.

Jadi Anacaraka itu artinya sebagai cerminan baik buruk kehidupan manusia di dunia dan kita tidak boleh melupakan Maha Pencipta Ida Hyang Widi Wasa.  Ini juga  menggambarkan  bagaimana manusia itu dalam kehidupannya menjalankan "Satyam Sivam Sundaram" atau  kebenaran,  kejujuran dan kepolosan/keadilan. 

Ida Bagus Alit Wiratmaja SH MH. 
(Ketua Badan Penyiaran Hindu Provinsi Banten).

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com