201 Orang ABK di Rapid Test, Satu Orang Reaktif - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

6/13/20

201 Orang ABK di Rapid Test, Satu Orang Reaktif


Denpasar, dewatanews.com - Seorang Anak Buah Kapal (ABK) yang berlabuh di Pelabuhan Serangan ditemukan satu orang hasilnya reaktif setelah dilakukan rapid test.  Dalam Upaya pencegahan Covid-19 Gugus  Tugas Percepatan Penanganan Covid 19 Kota Denpasar melakukan Rapid-test kepada 201 orang ABK dan tenaga kerja kapal yang berlabuh di Pelabuhan Serangan Sabtu (13/6).

Kadis Perhubungan Kota Denpasar I Ketut Sriawan mengatakan, rapid test ini dilakukan untuk mengantisipasi penularan Covid-19 mengingat ABK-ABK tersebut telah lama bekerja di kapal. Sehingga kemungkinan bisa terpapar Covid-19. “Mengatisipasi penularan Covid-19 ketika mereka turun ke darat maka kami lakukan Rapid test kepada ABK dan tenaga kerja kapal,” ungkap Sriawan.

Lebih lanjut ia menjelaskan proses rapid test telah berlangsung sejak kemarin dengan jumlah 101 orang dengan hasil satu orang reaktif. Untuk Rapid Test kali ini diikuti 100 orang hasilnya semua non reaktif. Untuk  hasilnya reaktif kemarin telah di swab test hari ini, sambil menunggu hasil swab orang tersebut melakukan karantina di kapal.  Mengingat crew kapal maupun agen kapal yang ada di Pelabuhan Serangan tidak melakukan pendataan dengan baik sehingga ada 15 orang tercecer. Maka bagi 15 orang yang belum ditest hari ini akan  mengikuti rapid test  besok Minggu 14 Juni.

Untuk mencegah penularan pihaknya mengimbau agar agen kapal di kawasan  yang ada di seluruh Kota Denpasar untuk mendata crew kapalnya yang masih ada dikapal baik sebagai awak crew kapal itu sendiri maupun tukang-tukang yang disuruh memperbaikin kapal. Hasil pendataan agar segera laporkan ke Dishub Kota Denpasar.

Menurutnya sebelum rapid test ini dilakukan pihaknya bersama Bumda Serangan dan  Lurah Serangan, Camat Denpasar Selatan  TNI, Polri dan angkatan laut  melakukan pendataan  kepada seluruh kapal yang ada di Pelabuhan Serangan. Selain itu pihaknya juga akan melakukan pendataan  beberapa titik kapal yang ada di Pelabuhan Sanur.  Hal itu dilakukan karena Pelabuhan Sanur maupun Serangan menjadi salah satu pintu masuk ke Kota  Denpasar.

Sriawan menambahkan ditemukan satu orang yang hasil rapid testnya reaktif  pihaknya bersama satgas Kelurahan Serangan akan melakukan pengawasan secara ketat agar ABK-ABK tidak keluar dari kapal dan berkeliaran. Selain itu Kelurahan Serangan juga telah menutup  akses operasional di tiga dermaga kecil yang ada di Serangan, yang dibuka hanya pintu darmaga utama.

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com