Warga Desa Adat Nyuh Kuning Isolasi Wilayah Selama Tiga Hari - Dewata News

Breaking News

Home Top Ad

Gold Ads (1170 x 350)

5/4/20

Warga Desa Adat Nyuh Kuning Isolasi Wilayah Selama Tiga Hari


Gianyar, dewatanews.com - Desa Adat Nyuh Kuning di Desa Mas, Kecamatan Ubud, Gianyar, mulai besok, Selasa 5 mei akan mengisolasi wilayah semacam lockdown skala lokal. 

Isolasi yang berlangsung atas inisiatif desa adat setempat akan melakukan pembatasan berskala lokal, akan berlangsung selama tiga hari, atau sampai Kamis (7/5) mendatang. Selama tiga hari mulai berlaku keputusan ini, warga luar wilayah akan dibatasi masuk ke wilayah Desa Adat Nyuh Kuning.

Bendesa Adat Nyuh Kuning,  I Made Suja menyatakan, isolasi wilayah ini untuk mencegah penyebaran Covid-19," Isolasi itu hanya membatasi orang luar masuk ke wilayah desa adat", jelasnya.

Dijelaskan keputusan ini bukan lockdown, sedangkan apabila ada warganya hendak bekerja keluar desa, tetap diperbolehkan. “Aktivitas seperti biasa dilakukan di masing-masing rumah, ini bukan lockdown atau Nyepi Sipeng,” tambah Made Suja.

Ditegaskan juga hanya membatasi orang lain masuk desa saja, akibat warga tamiu, sebelumnya tidak diketahui asal-usul kedatangannya. "Seperti kami ketahui orang lain itu kan tidak tahu dimana mereka sempat masuk dan berinteraksi sebelumnya,  maka kami batasi, tidak boleh masuk desa dan ini baru akan kami coba selama tiga hari,” jelasnya.

Suja menambahkan, untuk orang asing yang sudah tinggal di desa setempat diperbolehkan untuk keluar makan. Itu pun hanya di wilayah Desa Nyuh Kuning. Jika pun memang harus memesan makanan dari luar desa, ia mengarahkan agar dikirim sampai pos penjagaan Satgas Covid 19 desa setempat. (DN - CiN)

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com