ABK WNI MV. Nieuw Amsterdam dan MV. Carnival Splendor Dievakuasi dari Kapal - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

5/30/20

ABK WNI MV. Nieuw Amsterdam dan MV. Carnival Splendor Dievakuasi dari Kapal


Jakarta, dewatanews.com - Komandan Lantamal III Jakarta, Brigadir Jenderal TNI (Mar)  Hermanto, S.E., M.M. selaku Dansatgas pimpin evakuasi pemulangan ABK WNI kapal pesiar MV. Nieuw Amsterdam sebanyak 418 ABK dan MV. Carnival Splendor sebanyak 400 ABK, turun dan disambut oleh Satuan tugas evakuasi di dermaga JICT II  Tanjung Priuk Jakarta Utara, pada Jumat, (29/5)

Kapal pesiar MV. Nieuw Amsterdam berbendera Negara Belanda, berlayar dari Madagascar kemudian menuju Jakarta, tiba pada Kamis (28/5) 15.00 wib lego jangkar sekitar 4,5 Mil Laut untuk menurunkan ABK sebanyak 418 orang dengan menggunakan tanderboat menuju Dermaga pelabuhan JICT II, sedangkan MV.

Carnival Splendor berbendera Panama berlayar dari Philipina membawa 400 ABK dari MV. Panorama menuju Jakarta untuk menurunkan ABK di Dermaga JICT II Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta dengan Tanderboat kapal tsb, mendapat pengawalan dari Tim Satgas Pengamanan laut, setelah sampai didermaga Tim Satgas evakuasi sudah di siap untuk melaksanakan protocol covid-19 terhadap personel dan barang bawaannya, awalnya satu persatu di semprotkan cairan disinfektan oleh petugas yang sudah dilengkapi dengan pakaian APD dan untuk barang bawaan diharuskan melalui X-ray dari Tim Bea Cukai dilengkapi pula dengan pemeriksaan menggunakan anjing pelacak/K-9 dari Pom Lantamal III guna mengantisipasi adanya barang yang terlarang.


Kemudian seluruhnya dinaikan ke Bus pengantaran menuju Hotel Pullman Central Park dan Mercure Batavia yang sudah direkomendasikan oleh Gugus tugas penanganan Covid-19 DKI Jakarta, selanjutnya diterima Tim KKP untuk melaksanakan Swab test.

“Apabila ada yang hasilnya ternyata Positif maka akan di evakusi ke Wisma Atlit Kemayoran Jakarta, bila ternyata hasilnya Negatif akan di pulangkan sesuai daerah yang dituju," ujar Brigjen Hermanto.

Turut hadir Dansatgas, Wakil Dansatgas Kolonel Marinir Beny Sarana, Dansat Kopaska Armada I Kolonel laut (P) Johan, Kapolres Pelb. Tj. Priuk AKBP Kurniawan Tandi Rongre, S.Ik, Si., Syahbandar, KSOP, Imigrasi, Bea cukai dan Pihak Agen Kapal.

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com