4 Orang Positif Covid-19 di Buleleng, 3 Diantaranya Transmisi Lokal - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

Post Top Ad

Responsive Ads Here

4/2/20

4 Orang Positif Covid-19 di Buleleng, 3 Diantaranya Transmisi Lokal


Buleleng, dewatanews.com - Pasien Dalam Pengawasan (PDP) yang kini dirawat di RS Pratama Giri Emas, Kecamatan Sawan, Buleleng, sebanyak 4 orang terkonfirmasi positif Covid-19. Pernyataan ini disampaikan oleh Bupati Buleleng, Putu Agus Suradnyana yang juga merupakan Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Buleleng, dalam jumpa pers yang dilakukan secara online di Kantor Bupati (Kamis.02/04). Dari 4 pasien positif Covid-19, tiga orang diantaranya merupakan kasus tramisi lokal. Sesuai hasil uji sempel sweb menunjukan, PDP 03, 06, 07, dan PDP 08 telah terkonfirmasi positif terinfeksi COVID-19.

Bupati mengatakan, kasus positif COVID-19 yang telah terkonfirimasi itu satu klaster. berawal dari terungkapknya PDP 03 yang memiliki riwayat bekerja di luar negeri ini telah tiga kali diambil sempel sweb-nya. Hasilnya positif terinfeksi COVID-19. Dari kasus ini kemudian muncul PDP dengan 06. Hasil tracking menunjukkan kalau PDP 06 ini pernah berinteraksi dengan PDP 03. Dari 2 kali uji sempel sweb menunjukkan hasil positif terinfeksi COVID-19. 

Selain itu, kasusnya kemudian berkembang lagi dimana sejak dirawat di ruang isolasi RSUD Buleleng terungkap PDP 07 dan PDP 08 yang merupakan tim medis di RSUD. Setelah 2 kali sempel sweb-nya diuji hasilnya terkonfirmasi positif terinfeksi positif COVID-19. “PDP yang sudah positif itu empat orang. Awalnya ini dari PDP03,  lalu sopir yang menjemput dia dari bandara, bidan dan perawat yang merawat PDP 03 selama diisolasi di RSUD Buleleng” ungkapnya

Bupati, menyatakan seluruh pasien dalam kondisi baik. PDP 03, dinyatakan sudah tidak ada gejala dan sudah melakukan 4 kali pengambilan sampel swab. Sampel pertama dan sampel kedua, dikonfirmasi positif, untuk sampel ketiga dan keempat,masih menunggu hasil lab. PDP 06, masih mengalami sakit tenggorokan. PDP 06 sudah dilakukan tiga kali pengambilan sampel swab. Sampel pertama positif, sementara sampel kedua dan ketiga masih menanti hasil lab. PDP-07 kini masih mengalami mual dan PDP 08 masih sakit tenggorokan. Kedua PDP ini sudah dua kali dilakukan pengambilan sampel swab. 

“Secara keseluruhan kondisinya suda cukup membaik, sejak kemarin sudah dipindahkan dari RSUD Buleleng ke RS Pratama Giri Emas, kita sedang menunggu hasil labnya turun” imbuhnya

Saat ini di Buleleng ada 130 orang dengan status Orang Tanpa Gejala (OTG). Mereka ini terdiri dari 109 orang yang sesuai hasil tracking dari PDP 06. 1 OTG dari PDP 08 yang sudah dilakukan rapid test menunjukkan hasil negatif. OTG dari PDP 03, 05, dan 07 sebanyak 16 orang dan masih dilakukan karantina mandiri di rumahnya maisng-masing. 

Selain itu ada 4 Orang Dalam Pemantauan (ODP) dari PDP 06 yang sudah terkonfirmasi berubah status menjadi OTG. Pemantauan juga dilakukan kepada warga yang memiliki riwayat berkunjung ke daerah terjangkit dan trasmisi lokal sebanyak 386. Dari jumlah ini sebanyak 307 orang sudah melewati masa pemantauan 14 hari, dan sisanya sebanyak 529 orang yang maish dipantau oleh tim surveillance di puskemas. (DN - KOP)

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here