Pembinaan Wawasan Kebangsaan Penting Untuk Penguatan Eksistensi Bangsa - Dewata News

Breaking News

Home Top Ad

Gold Ads (1170 x 350)

3/10/20

Pembinaan Wawasan Kebangsaan Penting Untuk Penguatan Eksistensi Bangsa


Mangupura, dewatanews.com - Kodim 1611/Badung menyelenggarakan Pembinaan Wawasan Kebangsaan (Wasbang) kepada ratusan siswa-siswi SMA, tokoh masyarakat, tokoh agama dari wilayah Kabupaten Badung, Selasa (10/3), bertempat di Ruang Pertemuan Kesbangpol Pusat Pemerintahan Kabupaten Badung. 

Kegiatan ini dibuka oleh Perwira Penghubung (Pabung) Kodim 1611/Badung Mayor Inf I Putu Sukadana yang sekaligus mewakili Dandim 1611/Badung Kolonel Inf Puguh Binawanto. 

Edukasi Wasbang ini merupakan implementasi kegiatan non fisik Pembinaan Teritorial (Binter) Terpadu dengan tema, "Pembinaan Wawasan Kebangsaan Membentuk Masyarakat Yang Berkarakter Dan Berwawasan Kebangsaan".

Ketua penyelenggara kegiatan Mayor Inf Made Mustika mengatakan, tujuan diberikan wawasan kebangsan adalah untuk memantapkan dan memberikan pemahaman kepada kompenen bangsa tentang empat konsensus kehidupan berbangsa dan bernegara, bela negara, bahaya narkoba serta pergaulan seks bebas. 

Dalam kegiatan Wasbang tersebut juga mendatangkan nara sumber dari Pelakasana Tugas (Plt) BNN Badung AKBP Nyoman Sebudi dengan materi bahaya Narkoba. I Nyoman Suendi dari Kesbangpol Pemkab Badung menyampaikan materi empat konsensus kehidupan berbangsa dan bernegara. Pabung Kodim 1611/Badung Mayor Inf Putu Sukadana memberikan materi bela begara serta dari Dinas Kesehatan Badung memaparkan materi pergaulan seks bebas.

Dandim 1611/Badung dalam sambutannya yang dibacakan Perwira Penghubung(Pabung) I Putu Sukadana mengatakan, pemahaman wawasan kebangsaan ini
penting bagi kita karena merupakan bentuk penguatan eksistensi  sebagai bangsa yang kuat, bersatu, berdaya saing serta terjaganya sejarah dan kecintaan terhadap tanah air.

Dihadapkan dengan permasalahan tersebut maka kegiatan pembinaan wawasan kebangsaan ini diharapkan dapat memberikan pemahamannya kepada seluruh komponen  bangsa, bahwa Negara Kesatuan Republik Indonesia   memiliki ciri kas kebhinnekaan ras, suku, agama, adat istiadat dan budaya. 

"Penguatan rasa nasionalisme atau rasa kebangsaan sebagai bagian dari identitas bangsa yang bermartabat adalah hal yang penting untuk memberikan kesadaran bahwa Bangsa Indonesia adalah bangsa yang besar dengan potensi alam dan penduduknya yang wajib dijaga dari upaya-upaya pelemahan dan penguasaan oleh bangsa lain", jelas Dandim. 

Selain itu pemahaman wawasan kebangsaan yang baik dan benar juga akan memiliki kesiapan dan keteguhan hati untuk menjaga dan memelihara persatuan dan kesatuan serta tetap tegaknya kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia. 

Kepada peserta yang berjumlah 100 orang tersebut Dandim1611/Badung berharap agar setelah mengikuti kegiatan ini para peserta nantinya akan semakin memahami wawasan kebangsaan dan pengetahuan yang diperoleh dapat disebarluaskan kepada masyarakat di lingkungan masing masing untuk diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari dalam wujud tanggung jawab kita sebagai warga negara.

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com