Turap Roboh Timpa Dinding Rumah Hingga Rusak Parah - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

Post Top Ad

Responsive Ads Here

2/22/20

Turap Roboh Timpa Dinding Rumah Hingga Rusak Parah


Buleleng, Dewata News. Com - Turap atau senderan setinggi 4 meter roboh, menimpa dinding rumah milik, Wayan Sukramas (60) warga Dusun Tangkid, Desa Tamblang, Kecamatan Kubutambahan, Buleleng. Peristwa terjadi pada Sabtu (22/02) sekitar pukul 3 sore setelah diguyur hujan. 

Sebelum turap roboh, pemilik rumah sedang menonton televisi didalam rumah. Pemilik rumah mendengar, suara batu yang dilemparkan ke atap rumah, saat keluar rumah untuk memastikan sumber suara, turap dibelakang rumah langsung roboh, dan menimpa tembok belakang rumah. 

Ditemui di lokasi, Wayan Sukramas terus mengucapkan syukur, karena ia selamat dari maut saat bangunan berukuran 8x3 meter itu diterjang longsoran turap yang telah disender sejak setahun lalu. 

“Saya keluar karena tiba-tiba atap rumah merasa ada yang melempari. Pas keluar mau lihat siapa yang melempari ternyata tebingnya longsor dan menimpa ruang tamunya. Kalau saya tidak keluar sudah pasti ikut tertimbun,” tuturnya. 


Rumah semi permanen beratapkan seng ambruk pada sisi timur setelah diterjang, runtuhan turap. Material longsoran turap,  menimbun sejumlah peralatan elektronik milik sukramas, seperti tv, kulkas dan perabotan rumah tangga, total kerugian diperkirakan lebih dari dua puluh juta rupiah. 

“Memang hujannya sejak siang sekitar pukul 12.00. Deras sekali. Padahal tebingnya sudah disender setinggi 4 meter sejak setahun lalu. Selain tembok ruang tamu jebol, kamar tidur saya juga retak temboknya,” jelasnya Wayan Sukramas.

Penanganan selanjutnya, akan dilakukan pembersihan material turap dan tembok rumah, yang masih berserakan di dalam rumah. Guna mempercepat proses pembangunan kembali rumah yang rusak parah, akibat bencana, akan dilakukan asesment kebencanaan dan diusahkan untuk mendapat bedah rumah pasca bencana. 

“Kami selalu meminta masyarakat untuk tetap waspada. Apalagi yang tinggal di daerah tebing-tebing saat musim hujan, karena potensi longsor pasti selalu ada, minimal bisa menghindari jatuhnya korban,” harapnya.

Selain melakukan peninjauan, BPBD Buleleng juga memberikan bantuan permakanan kepada Wayan Sukramas sekeluarga. bantuan yang diberikan berupa beras, telur, mi instan serta peralatan MCK. “Bantuan sembako dan alat MCK ini sifatnya untuk meringankan beban keluarga yang tertimpa bencana,” singkat Suadnyana. (DN - KOP)

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here