Pemkab Buleleng Ngaturang Bhakti Penganyar di Pura Luhur Batukau - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

2/27/20

Pemkab Buleleng Ngaturang Bhakti Penganyar di Pura Luhur Batukau


Tabanan, Dewata News. Com - Pemeritah Kabupaten (Pemkab) Buleleng muspayang bhakti penganyar serangkaian  Karya Agung Pangurip Gumi, Mesaba Agung, Mapaselang, dan Pujawali Agung di Sad Kahyangan  Jagad Bali Pura Luhur Batukau Desa Wongaya Gede, Kecamatan Penebel Tabanan, Kamis (27/2). Bhakti penganyar ini dipuput Ida Pedanda Putra Kemenuh dari Griya Sukasada, dan dipimpin langsung Wakil Bupati Buleleng dr. I Nyoman Sutjidra, Sp.OG didampingi Pimpinan SKPD, BUMN/ BUMD di lingkup Pemkab Buleleng dan disambut oleh Assisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Tabanan A.A Gede Dalem Trisna Ngurah.

Karya agung pangurip gumi digelar karena adanya petunjuk ataupun  pawisik ide betara yang berstana di Pura Luhur Batukau. Selain itu, karya agung pengurip gumi memiliki makna untuk memohon kepada Ida Betara yang berstana di Pura Luhur Batukau agar berkenan mengembalikan kembali fungsi – fungsi alam  sesuai dengan fungsinya masing masing.

Ketua panitia piodalan Ir. I Wayan Arya, MP menjelaskan Karya Agung Pangurip Gumi ini berlangsung selama 4 bulan sejak 11 November 2019 hingga berakhir 2 April 2020. “Karya Agung Pangurip Gumi ini waktunya tidak ditentukan oleh krama atau umat sendiri. Melainkan dilaksanakan berdasarkan pawisik Ida Bathara yang berstana di Pura Pura Batukau,” ujarnya.

Selain itu, Wayan Arya menuturkan, dalam Karya Agung Pangurip Gumi ini juga secara bersamaan dilaksanakan Karya Mesaba Agung, Mapaselang dan Pujawali Agung yang puncaknya jatuh pada Wraspati Umanis Dungulan, Kamis (20/2) atau tepat saat Umanis Galungan. “Rangkaian karya ini dipuput oleh 21 sulinggih yang tersebar di Bali,” imbuhnya.

Wakil Bupati Buleleng dr. I Nyoman Sutjidra, Sp.OG mengatakan ngaturang bakti penganyar merupakan kewajiban Pemkab Buleleng dalam memperkokoh spiritual umat serta wujud syukur dan srada bakti kehadapan Ida Sang Hyang Widhi Wasa/Ida Bhatara ring Pura Sad Kahyangan Batukau.  Selain itu juga, Wabup Sutjidra menambahkan melalui bhakti penganyar ini Pemkab Buleleng senatiasa diberikan keselamatan dan kerahayuan serta diberikan tuntunan  untuk melaksanakan tugas serta mensejahterakan masyarakat. “Penganyar ini diharapkan mampu menciptakan kerahayuan jagat Buleleng dan Bali pada umumnya,” ucapnya

Lanjut, wabup sutjidra, dengan Karya Agung Pangurip Gumi, Mesaba Agung, Mapaselang, dan Pujawali Agung di Pura Luhur Batukau, semua makhluk ciptaanNya diberikan keselamatan dan dapat memberikan berkah bagi kehidupan. “Tentu kita sangat bangga karya agung ini bisa terlaksana. Hal yang paling penting kita mohon ke hadapan Ida Bethara, semua makhluk di muka bumi ini, terlebih umat manusia senantiasa diberikan keselamatan dan kerahayuan,” tuturpnya.

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com