Pelaksanaan UKK di SMK PGRI 3 Denpasar Diikuti Ratusan Siswa - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

Post Top Ad

Responsive Ads Here

2/6/20

Pelaksanaan UKK di SMK PGRI 3 Denpasar Diikuti Ratusan Siswa


Denpasar, Dewata News. Com - Pelaksanaan Ujian Kompetensi Keahlian (UKK) yang dilaksanakan oleh SMK PGRI 3 Denpasar berjalan dengan baik. Dimana ada dua Jurusan yang diujikan pada pelaksanan UKK yakni Jurusan Tata Boga dan Jurusan Perhotelan untuk siswa kelas XII yang dilaksanakan selama seminggu dari tanggal 3 sampai 10 Pebruari 2020 di sekolah setempat.

Kepala SMK PGRI 3 Denpasar, Drs. I Nengah Madiadnyana, MM mengatakan untuk Jurusan Tata Boga sendiri yang diikuti sebanyak 235 siswa. Terdapat dua materi yang diujikan pada pelaksanaan UKK diantaranya Program Studi (Prodi) Kitchen tentang bagaimana cara mengolah hidangan kontinental dan mengolah hidangan fusion.

"Selanjutnya, Prodi Restaurant yang lebih diutamakan pada pelayanan atau disebut dengan pre operation berupa polishing, florist, laying table cloth folding napkin. Mungkin bisa disebut juga sebagai operation pelayanan makanan dan minuman di restoran," ucapnya.

Lanjut Madiadnyana, untuk Jurusan Tata Boga sendiri sebelum melaksanakan UKK, para siswa setiap harinya sudah terus dilatih terkait bagaimana menjadi seorang chiken atau pelayan restauran yang benar-benar profesional sesuai bidang keilmuannya. Begitupula dengan Jurusan Perhotelan, para siswa juga dilatih agar lebih terampil dan cekatan dalam memberikan pelayanan ketika bekerja di sebuah hotel nantinya.

Mengenai tim penguji pelaksana UKK di SMK PGRI 3 Denpasar mendatangkan tim penguji dari eksternal sekolah untuk dimasing-masing Jurusan. Untuk Jurusan Tata Boga sendiri nama-nama pengujinya yakni Ni Ketut Rai Marina, S. Pd, M. Pd., I Ketut Alit S.Ag., dan I Wayan Mulyadi yang merupakan dosen di Akademi Pariwisata (Akpar). 

"Sementara dari Prodi Perhotelan sendiri melibatkan penguji dari industri dan LPK (Inna Sindhu Beach, Kayu Manis Private Jimbaran, Harris Sunset Road, Intercontinental Resort Bali dan Dharma Mandala Internstional)," terangnya.

Ditambahkan, para siswa yang mengikuti UKK di SMK PGRI 3 Denpasar tahun ini memang dipersiapkan dengan matang oleh para guru-gurunya, sehingga secara keseluruhan sejak dimulainya UKK hingga hari keempat semuanya siswa yang mengikuti UKK sudah mempersiapkan diri dengan baik. Hal tersebut terlihat dari rasa percaya diri peserta UKK yang tidak memperlihatkan kesan grogi (kurang percaya diri) saat melakukan penyajian sesuai dengan Prodinya. (DN - Bdi)

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here