Olah Daun Mangga Jadi Obat SAR, Mahasiswa FK Undiksha Sabet Medali Perak di Thailand - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

Post Top Ad

Responsive Ads Here

2/8/20

Olah Daun Mangga Jadi Obat SAR, Mahasiswa FK Undiksha Sabet Medali Perak di Thailand


Buleleng, Dewata News. Com - Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) kembali berhasil menorehkan prestasi tingkat internasional. Mereka terdiri dari Made Suda Cakra Wibawa, Ketut Alit Wira Adi Kusuma, Hendry Juniartha, Tharissa Caraswathi Sugita, dan A.A.A Lie Lhianza Mahendra Putri. Tim ini berhasil menyabet perak dalam ajang International Intellectual Property, Invention, Innovation and Technology Expotion (IPITEx) 2020 yang berlangsung di Thailand pada 2 sampai 6 Februari 2020. 

Dikonfirmasi terkait hal itu, Suda Cakra Wibawa menjelaskan raihan prestasi tersebut berkat inovasi yang dilahirkan. Timnya membuat produk dalam bentuk gel yang mampu mengobati SAR (Stomatitis Apthous Reccurent) yang disebabkan Candida albicans dari daun mangga. Munculnya ide itu dilandasi dengan kearifan lokal masyarakat Bali yang tinggi serta memperhatikan dampak limbah bagi lingkungan. Guna mendapatkan hasil terbaik, dilakukan penelitian secara mendalam mengenai kandungan aktif dari daun mangga yang secara kimiawi sudah terbukti mampu menghambat pertumbuhan candida albicans melalui beberapa tes.

“Kami melakukan penelitian sekitar lima bulan. Senyawa dari daun mangga dikemas menjadi bentuk gel agar praktis dan efisien digunakan masyarakat,” jelasnya. 

Pendekatan secara sosioekonomi juga dilakukan untuk membuat produk mudah digunakan. Produk ini diharapkan dapat ditingkatkan dan dapat diterapkan secara nyata dengan melalui berbagai uji klinis. “Tentu kami menginginkan produk yang dibuat ini dapat memberikan manfaat untuk kesehatan masyarakat,” katanya. 

Mendapatkan prestasi gemilang itu, tim yang terdiri dari mahasiswa semester II dan IV ini harus bersaing dengan tim dari 23 negara yang terdiri dari ratusan inventions. “Untuk bisa ikut kompetisi ini, ada seleksi abstrak nasional, lalu setelah lolos masuk tahap administrasi dan selanjutnya ke internasional yang diisi dengan presentasi,” terangnya. 

Ia menambahkan capaian ini juga tidak lepas dari dukungan penuh jajaran Rektorat dan dekanat FK Undiksha. “Semoga kedepan kami bisa memberikan prestasi lagi,” imbuhnya. (DN - RLS)

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here