Komitmen Perbaiki Kualitas Pelayanan Publik, Pemprov Bali Jalin Kerjasama dengan ORI - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

2/12/20

Komitmen Perbaiki Kualitas Pelayanan Publik, Pemprov Bali Jalin Kerjasama dengan ORI


Denpasar, Dewata News. Com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bali berkomitmen kuat dalam upaya memperbaiki kualitas pelayanan publik kepada masyarakat. Pelayanan yang dulunya tidak baik dan belum optimal harus segera diperbaiki dan ditingkatkan. Untuk itu diperlukan perubahan perilaku, perubahan mindset dan membutuhkan waktu untuk mewujudkannya. 

Denikian disampaikan Sekretaris Daerah Provinsi Bali Dewa Made Indra saat melakukan penandatanganan Perjanjian Kerjasama Kualitas Penyelenggaraan Pelayanan Publik di Lingkungan Pemprov Bali dengan Kepala Ombudsman RI (ORI) Perwakilan Bali Umar Ibnu Alkhatab, di Gedung Wiswa Sabha Utama, Kantor Gubernur Bali, Rabu (12/2) pagi.

Dalam sambutannya, Sekda Dewa Indra mengurai berbagai upaya peningkatan pelayanan publik telah dilakukan Pemprov Bali diantaranya dengan memastikan semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemprov Bali telah memenuhi standar pelayanan publik. Ia mencontohkan peningkatan pelayanan serta kenyamanan daripada UPT Samsat, penerapan e-perijinan, serta tata kelola keungan yang mengarah ke sistem digital sehingga tidak hanya predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) yang didapat tetapi juga tidak ada temuan keuangan (nihil temuan keuangan). 

"Tidak hanya itu, dari segi kepegawaaian juga disederhanakan dengan menerapkan digitalisasi. Rekrutmen CPNS tahun ini dijamin bersih dan bebas KKN karena dilakukan secara transaparan dan terbuka," jelasnya.


Penandatangan komitmen yang dihadiri seluruh Kepala OPD di lingkungan Pemprov Bali ini untuk meneguhkan apa yang sudah dilakukan dalam upaya perbaikan layanan public. Kedepannya, Dewa Indra mengajak seluruh Kepala OPD untuk bersama sama membangun pelayanan public yang lebih baik dan birokrasi yang disegani masyarakat. 

Sementara, Anggota Ombudsman RI Ahmad Alamsyah Saragih menyampaikan bahwasannya pengawasan yang selama ini dilakukan oleh Ombudsman bukanlah untuk mencari kesalahan tetapi lebih kepada pengawasan untuk mencapai kinerja yang lebih baik. 

"Ombudsman hadir sebagai mitra kerja pemerintah untuk bersama sama membangun dan mendukung terwujudnya pelayanan publik yang lebih baik," ujarnya.

Kedepan Alamsyah Saragih berharap agar sinergitas dapat terus ditingkatkan  dan  bersama sama berkomitmen meningkatkan pelayanan public kepada masyarakat. 

"Sebaik-baiknya sistem ataupun Standar Operasional Prosedur (SOP) dalam suatu instansi penyelenggara pelayanan, tanpa adanya komitmen tidak akan berjalan sebagaimana mestinya," imbuhnya.

Untuk itu, maka perlu digaris bawahi, peran aparatur pelaksana pelayanan publik sangat penting untuk terus ditingkatkan, terutama komitmen dalam mewujudkan pelayanan prima. (DN - NgR)

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com