Gubernur Koster Ajak Masyarakat Bali Ikut Sensus Penduduk 2020 - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

2/15/20

Gubernur Koster Ajak Masyarakat Bali Ikut Sensus Penduduk 2020


Denpasar, Dewata News. Com - Data yang akurat dan update sangat diperlukan oleh pemerintah untuk membuat perencanaan dan kebijakan didalam menjalankan pemerintahan dan pembangunan. Hal itu disampaikan Gubernur Bali Wayan Koster saat menerima Kepala BPS Provinsi Bali Adi Nugroho terkait dengan dimulainya Sensus Penduduk berbasis online tahun 2020, di Jaya Sabha, Denpasar pada Sabtu (15/2) sore.

Gubernur Koster yang didampingi Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Kependudukan, dan Pencatatan Sipil Provinsi Bali Putu Anom Agustina ini menyampaikan bahwa Pemerintah sangat membutuhkan data yang akurat sebagai basis untuk membuat perencanaan dan kebijakan didalam menjalankan pemerintahan dan pembangunan diseluruh Indonesia.

"Tadi Saya sudah mengisi data secara online, sudah ada kemajuan sensusnya sekarang, kalau dulu secara manual. Sensus ini dilaksanakan selama 45 hari mulai dari hari ini, mudah-mudahan di Bali bisa jauh lebih cepat selesai. Karena medannya mudah dijangkau dan relatif sudah melek dibidang teknologi," jelasnya.

Gubernur asal Desa Sembiran, Tejakula, Buleleng sangat mendukung upaya yang dilakukan oleh pemerintah pusat melalui Badan Pusat Statistik.

"Karena saya ingin data yang akurat, memadai untuk membuat suatu perencanaan dan kebijakan yang tepat dan efektif yang bis menjawab permasalahan yang ada di tengah-tengah masyarakat," ujarnya.


Ketua DPD PDI Perjuangan Bali ini mengajak masyarakat untuk menyempatkan waktu mengisi data sensus penduduk online ini. Menurut Koster, dilaksanakannya Sensus Penduduk 2020 akan memastikan ketersediaan data kependudukan yang aktual dan terkini dalam mendukung pelaksanaan Visi nangun Sat Kerthi Loka Bali melalui pola pembangunan semesta berencana menuju Bali era Baru.

"Ngiring sareng sami sukseskan Sensus Penduduk Online dengan mencatatakan diri melalui link sensus.bps.go.id mulai tanggal 15 Februari – 31 Maret 2020," imbuhnya.

Sementara Kepala BPS Provinsi Bali Adi Nugroho menyampaikan bahwa sensus penduduk online adalah yang pertama dilaksanakan di Indonesia. 

"Hari ini adalah hari pertama dilaksanakannya sensus penduduk tahun 2020. Sensus ini akan dilaksanakan selama 45 hari," terangnya.

Pendampingan sensus kepada Gubernur Kostet sore itu dikayakan Adi Nugroho merupakan bagian dari upaya mengumunkan kepada publik dan ajakan kepada publik untuk bersama-sama memenuhi kepentingan pemerintah dan masyarakat untuk mengikuti sensus online.

"Jika sampai batas waktu masih ada yang belum melaksanakan sensus secara online maka kita akan menurunkan petugas, karena ini kan baru pertama jadi pasti ada kekurangan dan akan kita perbaiki. Kita berharap semua masyarakat Bali bisa mengikuti sensus ini," ungkapnya.

Ditambahkan Adi Nugroho, berbagai upacaya sedang disiapkan dan dikerjakan agar partisipasi masyarakat lebih banyak. (DN - NgR)

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com