Wabup Kasta Tinjau Krisis Air di Desa Pikat - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

1/28/20

Wabup Kasta Tinjau Krisis Air di Desa Pikat


Klungkung, Dewata News. Com - Wakil Bupati Klungkung, I Made Kasta bersama Kepala Pelaksana (Kalak) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Klungkung I Putu Widiada, Camat Dawan, A.A Gede Putra Wedana, Perbekel Desa Pikat, I Wayan Navy Sudarsa mengunjungi warga yang mengalami kesulitan air bersih di Dusun Gelogor, Desa Pikat, Kecamatan Dawan, Klungkung, Selasa (28/1).

Kemarau panjang terjadi di Kabupaten Klungkung khususnya di Kecamatan Dawan. Krisis Air Bersih pun kian meluas, setelah warga Desa Besan, Kecamatan Dawan, hal sama juga dirasakan warga Dusun Gelogor, Desa Pikat, Kecamatan Dawan. Sebanyak 87 KK warga Dusun Gelogor yang bermukim di Bukit Tangkid, sejak tiga bulan mengalami kekurangan air, lantaran sama sekali tidak pernah turun hujan, semua cubang sudah mengering.

Warga setempat yang hanya menghandalkan air rembesan dalam sumur, rela antre hingga 4 jam untuk bisa mendapatkan dua ember air. warga terpaksa secara bergilir atau antre mencari air hingga tengah malam karena kondisi debit air di sumber mata air di dusun setempat sudah mengecil.

Seorang warga Gelogor,  Ni Komang Wati (28) menjelaskan, kekeringan di Dusun Glogor telah terjadi lebih dari 6 bulan lalu. Ibu-ibu bergilir mencari air menggunakan jerigen dari sejak pagi. Sambil menunggu giliran mendapatkan air, kami mengisi kesibukan dengan membuat ceper. “Saya dari pukul 08.00 sudah mencari air di sini. Tapi karena debit airnya kecil, saya hanya dapat tiga ember dalam sehari, bahkan sampai bergadang hingga tengah malam,” Ujar Ni Komang Wati

Melihat kondisi tersebut Wabup Kasta langsung meninjau sumber mata air yang ada di Bukit Tangkid, Dusun Gelogor. "Hari ini kami terun langsung melihat kondisi kekurangan air yang dialami warga dusun Gelogor, memang benar debit air kian mengecil. Kami pemerintah daerah sudah mengambil langkah-langkah untuk mensuplay air bersih untuk warga kami," ujar Wabup Kasta. 

Wabup berharap dengan suplay air ini bisa membantu memenuhi kebutuhan air dan mendekatkan warga untuk mendapatkan air bersih. 

Kalak BPBD Klungkung I Putu Widiada, mengatakan suplay air bersih akan dikirim siang ini hingga sore hari untuk memenuhi cubang-cubang yang kekeringan. "Kita akan bekerja secara maksimal, sepenuhnya akan kita lakukan untuk pengisian air demi memenuhi kebutuhan masyarakat setempat, kalau belum selesai hari ini, besok pagi akan dilanjutkan kembali," sebutnya. 

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com