Bahas Kenaikan Iuran BPJS, Komisi IV DPRD Buleleng Fokus Perbaiki Penerima PDKS - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

1/15/20

Bahas Kenaikan Iuran BPJS, Komisi IV DPRD Buleleng Fokus Perbaiki Penerima PDKS


Buleleng, Dewata News. Com — Komisi IV DPRD Buleleng kembali menggelar rapat, terkait dengan kenaikan iuran BPJS, Selasa (14/01) di ruang Komisi III DPRD Buleleng. 

Rapat dipimpin oleh Ketua Komisi IV Luh Hesti Ranitasari didampingi Wakil Ketua DPRD Buleleng Gede Suradnya,SH serta dihadiri oleh anggota Komisi IV DPRD Buleleng. 

Dalam rapat ini, Komisi IV DPRD Buleleng Hesti Ranitasari mengundang Dinas Sosial, Dinas PMD, Camat se-Kabupaten Buleleng dan BPJS Kesehatan Kabupaten Buleleng. 

Ketua Komisi IV Luh Hesti Ranitasari menanyakan terkait dengan validasi data hasil verifikasi terakhir untuk penerima KIS-PBI APBD Kabupaten Buleleng yang dilakukan oleh Dinas Sosial Kabupaten Buleleng serta peran Camat se-Kabupaten Buleleng dalam membantu mendata kembali yang mendapatkan KIS-PBI APBD, karena akan berpengaruh dengan peserta penerima KIS-PBI APBD dan anggaran yang diperlukan. 

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial I Gede Sandhiyasa, S.Sos.,M.Si menyatakan, bahwa  data DPKS kita masih banyak problemnya, karena data belum ”clear” betul. Untuk itu Dinas Sosial akan melakukan penyisiran data dari 129.000 kepesertaan. 

Dari  jumlah itu, jelas Sandhiyasa, nantinya akan dikaji kembali dalam tiga kreteria, yaitu meninggal dunia, tidak berdomisili tetap dan tidak validnya data dengan di catatan sipil. Saat ini, Dinas Sosial masih terus melakukan validasi data untuk nantinya para penerima KIS-PBI APBD benar-benar tepat sasaran. 

Sandhiyasa juga paparkan terkait dengan anggaran yang ada saat ini bisa meng-cover selama 7 bulan ke depan dan sisanya akan dibahas kembali dalam pembahasan anggaran. Sebagai masukan dari komisi IV DPRD Buleleng  kepada dinas terkait yang dibantu Camat, Lurah/Perbekel untuk membantu menyisir kembali data PDKS agar valid, termasuk 17.000 peserta yang belum dapat didaftarkan karena berbagai persoalan yang ada. 

”Selain itu, Dinas Sosial bersama instansi terkait agar mengupayakan capaian  UHC minimal 95% sehingga tidak ada masalah dalam aktivasi kartu kepesertaan BPJS Kesehatan. Terkait pelayanan yang dilakukan oleh BPJS Kesehatan Kabupaten Buleleng, Komisi IV meminta BPJS agar mengoptimalkan penilaian terhadap rumah sakit mitra, termasuk melakukan sidak rutin untuk memperbaiki pelayanan optimal kepada peserta BPJS Kesehatan dan pemegang KIS-PBI,” ungkap Ketua Komisi IV DPRD Buleleng Hesti Ranitasari. (DN ~ TiR).—

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com