Antisipasi Bencana Alam, Polres Buleleng Gelar Apel Penanggulangan Bencana - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

1/4/20

Antisipasi Bencana Alam, Polres Buleleng Gelar Apel Penanggulangan Bencana


Buleleng, Dewata News. Com - Mengantisipasi akan adanya bencana alam, Polres Buleleng melaksanakan Apel Siaga Penanggulangan Bencana Alam di Kabupaten Buleleng yang dilaksanakan dihalaman Mapolres Buleleng, Sabtu pagi (04/01).

Selaku Pimpinan Apel, Kapolres Buleleng AKBP I Made Sinar Subawa, S.IK, MH yang melibatkan instansi lain, yaitu Kodim1609/Buleleng, Yonif Raider 900/SBW, Perwakilan Basarnas Buleleng, Perwakilan BPBD Buleleng, Perwakilan PMK Buleleng dan Dinas Perhubungan Kabupaten  Buleleng.

Kapolres Buleleng AKBP Sinar Subawa menyampaikan, bahwa bencana alam yang terjadi yang dapat merugikan masyarakat sudah merupakan kewajiban pihak Polri untuk dapat  membantunya sebagaimana semboyan Polri selaku pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat. 

Untuk itu, lanjut Kapolres, diperlukan langkah-langkah proaktif untuk membantu masyarakat yang terkena bencana, sebagaimana diamanatkan dalam pasal 14 ayat (1) huruf i Undang-Undang Nomor 2 tahun 2002 yang menyatakan, bahwa Polri bertugas melindungi keselamatan jiwa raga, harta benda, masyarakat dan lingkungan hidup dari gangguan ketertiban dan/atau bencana, termasuk memberikan bantuan dan pertolongan dengan menjunjung tinggi hak azasi manusia.

"Dalam upaya penanggulangan terjadinya bencana, kita dituntut untuk mengerti situasi sebelum terjadi bencana, saat terjadi bencana dan setelah terjadinya bencana," jelasnya.

Selain itu, lanjut Kapolres, bencana alam berbeda dengan bencana yang disebabkan manusia, bencana alam tidak bisa dicegah sehingga sebagai petugas sudah seharusnya siap siaga tanggap bencana dan "all out" serta bersinergi dengan BNPB, BPBD, TNI, PEMDA dan Instansi terkait,  serta segenap komponen masyarakat untuk meminimalisir dampak yang ditimbulkan. 

Tujuan dilakukan apel kesiap siagaan, menurut Kapolres, untuk dapat  menghadapi kemungkinan terjadinya bencana alam yang ada di Buleleng, baik dari kesiapan personel, sarana dan prasarana serta dukungan logistik dan lainnya. 

"Mulai hari ini dibentuk Posko kesiap siagaan penanggulangan bencana yang terdiri dari instansi terkait dan poskonya akan ada di kantor BPBD Kabupaten Buleleng," jelas AKBP I Made Sinar Subawa, S.IK, MH.

Menandai akhir apel, Kapolres Buleleng bersama unsur terkait melakukan pemeriksaan terhadap alat alat dan prasarana dalam penanggulangan bencana. (DN - TiR).--

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com