Prestasi Olahraga Karate-Do di Buleleng Alami Stagnan? - Dewata News

Breaking News

Home Top Ad

Gold Ads (1170 x 350)

12/5/19

Prestasi Olahraga Karate-Do di Buleleng Alami Stagnan?


Buleleng, Dewata News. Com - Kurangnya penyatuan visi-misi bagi ranting karate yang bernanung di bawah Pengkab Federasi Olahraga Karate-Do Indonesia (FORKI) Buleleng membuat prestasi olahraga beladiri asal Jepang ini sempat mengalami stagnan di ajang olahraga multi event Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Bali yang menjadi barometer tertinggi pembinaan olahraga di Pulau Dewata.

Dilihat dan ditinjau  kurun waktu 4 tahun ke belakang dari tahun 2015 sampai dengan tahun 2017 prestasi cabang olahraga Karate di Kabupaten Buleleng menurun sangat drastis. Bahkan, dinilai anjlok dari kreteria penilaian KONI Buleleng.

Penurunan prestasi tersebut, diyakini disebabkan kurangnya penanaman mental karakter pada Karateka Buleleng, seperti diungkapkan Dosen Fakultas Olahraga dan Kesehatan (FOK) Undiksha Singaraja, Kadek Yogi Parta Lesmana, Selasa (03/12).

Melihat permasalahan yang dialami Pengkab FORKI, Yogi Parta yang juga mantan atlet Nasional sekaligus saat ini menjabat sebagai pelatih Karate meyakini, bahwa faktor penanaman karakter berpengaruh terhadap hasil prestasi karateka Buleleng di ajang Porprov Bali.

“Sangat jauh berbeda karakter atlet di tahun sebelumnya. Ini dikarenakan kemunduran dan tidak mengangggap pentingnya lagi hirarki karate yang sudah ditanamkan sejak dulu. Salah satu contoh, tidak sigap, tanggap untuk bisa menghormati pelatih, senior dan sesama, tidak menanamkan jiwa sumpah karate," ungkapnya. (DN - TiR).--

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com