Persembahan Untuk Ibu Pertiwi Dari Anak-Anak "Kayoman" Pedawa - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

Post Top Ad

Responsive Ads Here

12/23/19

Persembahan Untuk Ibu Pertiwi Dari Anak-Anak "Kayoman" Pedawa


Buleleng, Dewata News. Com - Kelompok Pecinta Alam "Kayoman" Desa Pedawa, Kecamatan Banjar, tandai peringatan Hari Ibu 22 Desember 2019 dengan aksi penanaman pohon. Kegiatan penanaman pohon tersebut merupakan salah satu bentuk ungkapan bakti kepada ibu, yakni ibu pertiwi sebagai persembahan kepada alam dari anak anak muda Kayoman, sekaligus dalam rangka memantapkan program catur warsa Kayoman Pedawa 2020.

Ketua panitia penyelenggara, Kadek Putra Yudiantara mengajak anak- anak muda Kayoman dan seluruh lapisan masyarakat Desa Pedawa agar selalu ingat dengan kasih sayang seorang ibu yang tidak bisa digantikan oleh apapun. Hal ini diimplementasikan dengan bentuk kepedulian dan mencintai alam lingkungan sekitarnya, seperti yang telah dicontohkan oleh ibu ibu Kayoman.

“Ibu-ibu disini juga sangat berperan penting dalam menjaga lingkungan, contohnya di masing-masing rumah tangga mereka sudah memilah dan tidak membuang sampah sembarangan,” ucap Yudiantara.

Pelaksanaan penanaman pohon bertepatan dengan Hari Ibu 22 Desember 2019, difokuskan pada satu tempat, yakni Kayoan Glunggung Pedawa. 

Semangat anak anak muda Kayoman melestarikan dan menjaga  alam Pedawa  melalui kegiatan penanaman pohon mendapat apresiasi semua tokoh masyarakat setempat. Apalagi kegiatan ini rutin dilakukan setiap bulan, bahkan kini sudah menjadi bagian dari agenda program anak anak muda Kayoman Pedawa.

Menurut salah seorang tokoh masyarakat Pedawa, Wayan Sadnyana, dalam tataran filosofis, aksi peduli alam yang dilakukan anak anak Kayoman, dinilai sudah mampu mengembangkan kerangka pikir bahwa ibu mereka sama seperti pertiwi.

“Cinta kasih mereka kepada ibu, itu ditunjukkan dengan persembahan kepada pertiwi dengan menanam pohon,” ungkapnya.

Salah satu warga, Ni Kadek Runiasih, menyatakan salut dan bangga terhadap anak anak Kayoman yang telah melaksanakan aksi penanaman pohon dikaitkan dengan Hari Ibu. 

Selain konsisten dalam gerakan menanam pohon untuk penghijauan hutan Pedawa, anak anak Kayoman juga memiliki andil besar dalam mempertahankan, mengembangkan  dan melestarikan jenis tanaman khas Pedawa yang sangat dibutuhkan masyarakat, khususnya kaum ibu untuk menunjang kegiatan upacara  keagamaan.

“Saya bangga kepada anak-anak Kayoman tidak hanya berbakti kepada ibunya, tetapi juga melakukan penanaman pohon, sebagai ungkapan cinta kepada ibu pertiwi,” ungkapnya.

Dalam kegiatan penanaman pohon yang dilaksanakan anak anak muda Kayoman Pedawa bertepatan dengan Hari Ibu 22 Desember 2019, sedikitnya ada 50 bibit pohon yang ditanam dengan beragam jenis diantaranya majegau, angkufu dan bunut. (DN - TiR).--

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here