Bupati PAS : Pesta Durian Akhir Tahun Ajang Promosikan Buah Durian Lokal Unggul - Dewata News

Breaking News

Home Top Ad

Gold Ads (1170 x 350)

12/31/19

Bupati PAS : Pesta Durian Akhir Tahun Ajang Promosikan Buah Durian Lokal Unggul


Buleleng, Dewata News. Com - Perhatian Pemkab Buleleng terhadap keberadaan buah lokal semakin tinggi. Terbukti dengan gelaran Pesta Durian PAS Akhir Tahun yang digagas Bupati Putu Agus Suradnyana, ST untuk pertama kalinya dalam rangka mengangkat pamor buah Durian lokal. 

Melalui tag line “Teka Ngaba Duren Mulih Ngaba Motor”, Bupati PAS memotivasi petani untuk terus mengembangkan varietas durian lokal yang memiliki kualitas nomor satu.

Kontes buah durian lokal unggulan di Buleleng diikuti 180 peserta dari berbagai wilayah yang digelar di halaman Rumah Jabatan Bupati Buleleng, Selasa pagi hingga siang (31/12).

Bupati PAS dalam sambutannya berharap, bahwa pesta durian perdana digelarnya semacam sayembara untuk menemukan varietas durian lokal dengan genetik asli, sehingga kedepannya bisa dijadikan pilot project untuk dikembangkan ribuan pohon durian di wilayah Buleleng.

“Nanti pemenang wajib menunjukkan pohonnya. Nanti dari pohon itu, kami kembangkan menjadi ribuan bibit yang terus dikembangkan dan ditanam. Pada saatnya nanti, Buleleng memiliki icon khas durian yang bisa dikenal,” ungkap Bupati PAS.

Dengan keberadaan buah durian terbaik, Bupati PAS optimis nantinya Kabupaten Buleleng mampu dikenal sebagai sentra penghasil durian lokal berkualitas. Eksistensi itu juga berdampak terhadap nilai jual buah tersebut, sehingga mampu menggerakkan sektor perekonomian melalui pertantian.

Sebelumnya, Ketua Panitia Ir. I Made Sumiartha menjelaskan, tujuan pelaksanaan kontes durian ini tiada lain sebagai implementasi Perda Provinsi Bali nomor 3 tahun 2013 tentang Perlindungan Buah Lokal, Pergub Bali nomor 99 Tahun 2018 tentang Pemasaran-Pemanfaatan Produk Pertanian, Perikanan dan Industri Lokal Bali

“Selain itu juga untuk menggali  dan menemukan durian local unggul yang ada di Buleleng serta melindungi dan  melestarikan varietas genetic buah lokal,” jelas Made  Sumiartha

Pesta Durian PAS Akhir Tahun mendapat apresiasi positif dari ratusan masyarakat umum. Seluruh masyarakat yang hadir langsung, juga diberi kesempatan  untuk mencicipi manis dan legitnya buah durian lokal Buleleng. 

I Made  Sumiartha berharap agar kegiatan ini dapat menjadi agenda rutin tahunan, sehingga dapat menjadi ajang bergengsi yang bermuara pada kesejahteraan masyarakat Kabupaten Buleleng. 

Pemenang kontes buah durian lokal dari hasil penilaian Tim Juri nantinya berhak atas satu unit sepeda motor. (DN - TiR).--

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com