Banjar Eka Dharma Raih Juara Pertama Tari Gopala - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

Post Top Ad

Responsive Ads Here

12/16/19

Banjar Eka Dharma Raih Juara Pertama Tari Gopala


Denpasar, Dewata News. Com - Banjar Eka Dharma keluar sebagai juara pertama Lomba Tari Gopala pada ajang parade seni dan budaya di Desa Sumerta Kauh, Kecamatan Denpasar Timur.

"Dimana lomba tari gopala ini diikuti oleh enam banjar diantaranya banjar Eka Dharma, banjar Klandis, banjar Pagan Kaja, banjar Pagan Kelod, banjar Pagan Tengah, dan banjar Ratna Bhuna, Minggu (15/12) di halaman RRI," ujar salah satu pembina tari gopala dari banjar Eka Dharma, Yudhi Setiadi.

Dikatakan, peraihan juara pertama tari gopala berkat judul yang diangkat saat itu yakni "Pantang Menyerah". Karena melalui semangat pantang menyerah inilah yang membuat anak-anak banjar Eka Dharma saat menarikan tari gopala menjadi lebih bersemangat.

"Apalagi kesuksesan yang dicapai anak-anak kami tentu tidak datang dengan serta merta, mereka melakukan berbagai perjuangan sehingga mereka mendapatkan kesuksesan tersebut," terangnya.

Lebih jauh, keberhasilan yang diraih anak-anak banjar Eka Dharma dalam meraih juara pertama tari gopala karena dalam menarikan tari gopala dibutuhkan kesabaran.

"Kemudian, pada tarian gopala ini mengisahkan sebuah cerita tentang seorang pengembala sapi. Untuk penata gerak tari gopala banjar Eka Dharma adalah I Nyoman Suarsa, dan pengiring tabuh ditata oleh I Ketut Gede Asnawa," imbuhnya. 

Ditambahkan, untuk tari gopala ini biasanya ditarikan oleh 4-8 orang penari pria. Apalagi tari gopala ini lebih menyentuh pada nuansa kecerian dan keharmonisan yang sudah sepenuhnya divisualisasikan ke dalam gerak tari yang ritmis, dinamis dan estetis.

Sementara Perbekel Desa Sumerta Kauh, Kecamatan Denpasar Timur, Wayan Sentana mengatakan dengan adanya parade seni dan budaya ini tentunya bisa melihat potensi  yang ada di masing masing dusun.

Apalagi Kota Denpasar adalah kota berwawasan budaya. Dusun yang ada di Desa Sumerta Kauh dirasakan sangat mendukung dengan kegiatan seperti parade seni dan budaya ini, warga masyarakata juga sangat mendukung penuh. (DN - Bdi)

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here