Upacara Segara Kertih Mapekelem Agung di Pantai Sulanyah - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

Post Top Ad

Responsive Ads Here

11/26/19

Upacara Segara Kertih Mapekelem Agung di Pantai Sulanyah


Buleleng, Dewata News. Com  —  Berbagai jenis hewan suci menjadi sarana Upacara Segara Kertih Mapekelem Agung di Pantai Sulanyah Desa Adat Sulanyah, Kecamatan Seririt, Selasa siang (26/11). 

Upacara yang diselenggarakan oleh Paiketan Pemangku Tirta Yatra Bhaga Phawana Santhi Bali ini bertujuan untuk memohon keselamatan.

Upacara pakelem ini menghaturkan hewan kerbau, kambing hitam, angsa dan ayam. Selain itu ada juga pelepasan tukik atau anak penyu ke laut sebagai simbol kemakmuran. 

Juga diwarnai pementasan tari rejang renteng yang ditampilkan oleh ibu-ibu PKK Desa Sulanyah.

Upacara tersebut dihadiri oleh Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana,ST bersama Ny. Aries Sujati Suradnyana dan beberapa Pimpinan SKPD lingkup Pemkab Buleleng.

Dalam sambutannya Bupati Putu Agus Suradnyana mengucapkan terimakasih kepada Paiketan Pemangku Tirta Yatra Bhaga Phawana Santhi Bali yang sudah menyelenggarakan upacara ini. Menurutnya, upacara ini merupakan upacara penting untuk meminta keselamatan kepada Tuhan.

"Semoga upacara ini bisa memberikan keselamatan kapada masyarakat Bali pada umumnya dan masyarakat Buleleng pada khususnya," harapnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Gusti Mangku Gede Mendra mengatakan, upacara ini dilakukan sebagai tindak lanjut dari fenomena bencana yang belakangan ini terjadi di Bali.

"Kami menghaturkan pekelem hewan suci untuk memohon kepada sang pencipta Hyang Maha Esa agar Bali dijauhkan dari bencana alam, dan meberikan kita keselamatan," ungkapnya. (DN ~ TiR).—

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here