Sinkronisasi Database Menuju Layanan Dikpora Berkualitas - Dewata News

Breaking News

Home Top Ad

Gold Ads (1170 x 350)

11/19/19

Sinkronisasi Database Menuju Layanan Dikpora Berkualitas


Buleleng, Dewata News. Com  —  Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng (Disdikpora) Kabupaten Buleleng menggelar Rapat Koordinasi Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Rakordikpora) Tahun 2019 di Gedung Mr. I Gusti Ketut Pudja, Eks. Pelabuhan Buleleng, Senin (18/11). 

Kegiatan yang dilaksanakan hingga hari Selasa (10/11) mengusung tema ”Sinkronisasi Database Menuju Layanan Dikpora yang Berkualitas” itu secara resmi dibuka oleh Asisten Administrasi Umum Setda Kabupaten Buleleng, Drs. Gede Suyasa ditandai dengan pemukulan gong.
Bupati PAS dalam sambutan tertulis dibacakan Gede Suyasa yang mantan Kadisdikpora Buleleng menyampaikan, bahwa sinkronisasi database sangat penting, dikarenakan tidak ada program kegiatan yang tidak didukung dengan analisa data yang akurat.

"Kedepan tidak ada yang kesulitan data, karena seluruh data sesungguhnya ada di suatu aplikasi sistem digital. Semoga dengan diadakannya kegiatan ini layanan khusunya mengenai data di Disdikpora Bueleng semakin berkualitas untuk kedepannya," ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Disdikpopra Kabupaten Buleleng, Gde Darmaja dalam laporannya mengatakan, tema yang diusung mengacu pada  Permendikbud No. 79 Tahun 2015 tentang Data Pokok Pendidikan (Dapodik), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tentang pengelolaan data dan informasi pendidikan berbasis database system. 

Sedangkan untuk tujuan, khususnya merujuk pada Dapodik sebagai sumber data utama pendidikan nasional berbasis database system, dan ujung tombak dari pelaksanaan ini adalah para operator sistem. Di sinilah peran seorang administrator/operator dapodik di sekolah dalam menginput data dengan valid, serta menyamakan persepsi sehingga dapat dipertanggungjawabkan.

Kadisdikpora Buleleng berharap melalui kegiatan ini proses perencanaan, pelaksanaan, pelaporan dan evaluasi kinerja program-program pendidikan nasional dapat dilaksanakan dengan lebih terukur, tepat sasaran, efektif, efisien dan berkelanjutan. Selain itu, setiap usulan yang masuk dalam rakordikpora nantinya akan ditampung dan dianalisis oleh masing-masing bidang yang menangani yang kemudian akan menjadi usulan prioritas dalam perencanaan Pendidikan-Pora untuk tahun 2021.

Rakordik diikuti lembaga-lembaga pendidikan anak usia dini (TK/PAUD), satuan pendidikan dasar negeri (SD, SMP), lembaga-lembaga mitra/stakeholder bidang pendidikan, organisasi pemuda dan olahraga, dan organisasi guru di satuan pendidikan serta semua bidang di lingkup Disdikpora.

Selanjutnya Kepala Disdikpora dan, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Buleleng Gede Wisnawa menyampaikan materi mengenai sistem manajemen kepegawaian Pemkab Buleleng, dan Kepala Bappeda Litbang Buleleng, terkait penganggaran tahun 2021, serta presentasi ”Authorized Partner Google” yang bertugas mensosialisasikan, mengembangkan google for education di Indonesia.

Dalam kegiatan tersebut hadir Ketua DPRD Kabupaten Buleleng, Gede Supriatna, Ketua KONI Kabupaten Buleleng, Ketua Dewan Pendidikan Kabupaten Buleleng, KNPI Buleleng serta undangan lainnya. (DN ~ TiR).—

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com