Rapat Koordinasi XXI PPTI Se Bali Digelar di Buleleng - Dewata News

Breaking News

Home Top Ad

Gold Ads (1170 x 350)

11/28/19

Rapat Koordinasi XXI PPTI Se Bali Digelar di Buleleng


Buleleng, Dewata News. Com  —  Perhimpunan Pemberantasan Tuberkulosis Indonesia (PPTI) sebagai satu-satunya lembaga swadaya masyarakat yang bergerak di bidang pengendalian TBC di Bali, dan sebagai mitra pemerintah, khususnya Dinas Kesehatan, hendaknya dapat membantu menggerakkan masyarakat dalam bentuk adanya kader peduli TBC. Dengan demikian dapat membantu untuk menemukan dan merujuk kasus yang diduga menderita TBC serta mengawasi atau mendampingi penderita agar minum obat sampai sembuh.

Demikian diungkapkan Bupati Buleleng dalam sambutan tertulisnya, dibacakan Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM Drs. Made Budi Astawa, M.Si, saat membuka Rapat Koordinasi XXI PPTI Se Bali, yang berlangsung di Ruang IV Kantor Bupati Buleleng, Rabu (27/11). 

Menurutnya pembangunan kesehatan merupakan sektor yang sangat strategis dalam menunjang pembangunan secara keseluruhan.

”Pembangunan kesehatan merupakan sektor yang sangat strategis dalam menunjang pembangunan secara keseluruhan dan merupakan salah satu unsur penting dalam mengukur tingkat Indek Pembangunan Manusia. Sehubungan dengan itu, Pemerintah Kabupaten Buleleng selama ini telah memberikan perhatian khusus, terhadap pembangunan di sektor kesehatan dalam upaya meningkatkan derajat kesehatan masyarakat di  Buleleng,” ungkapnya.

Sementara itu, sambutan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bali dibacakan Kepala Seksi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular, Nyoman Sudiyasa, SKM.M.Kes mengungkapkan Tuberkulosis atau TBC merupakan masalah kesehatan masyarakat di Indonesia yang setiap tahunnya mencapai 880 kasus TBC baru, dan khusus di Bali diestimasi ada sekitar 13.000 kasus. Dengan demikian angka penemuan kasus TBC di Indonesia pada tahun 2018 baru mencapai 66 persen.

”Sedangkan untuk di Bali, angka penemuan kasus kita sebesar 30 persen saja dan angka kesembuhannya mencapai 89 persen,” ucapnya.

Ketua PPTI Provinsi Bali Gusti Bagus Puspanegara, SH menjelaskan, Rakor XXI PPTI se-Bali digelar untuk mempertemukan pengurus wilayah dan cabang PPTI se-Bali serta saling tukar menukar pikiran, pendapat dan pengalaman, disamping isu penting lainnya dalam upaya meningkatkat gerak langkah PPTI sebagai mitra pemerintah dalam penanggulangan TBC, terutama di Bali. Rapat Koordinasi sehari diikuti dari perwakilan Kadis Kesehatan dan Pengurus PPTI se-Bali, disamping unsur terkait lainnya. (DN ~ TiR).—

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com