Kodim Tabanan Panen Jagung Sawah Demplot - Dewata News

Breaking News

Home Top Ad

Gold Ads (1170 x 350)

11/27/19

Kodim Tabanan Panen Jagung Sawah Demplot


Tabanan, Dewata News. Com - Dalam rangka Melaksanakan program pemerintah di bidang pertanian, Kodim 1619/Tabanan sangat serius dan intensif melakukan upaya khusus dalam mendukung program ketahanan pangan.

Hal itu dapat dilihat dari hasil kerja keras Kodim 1619/Tabanan pada sawah Demplot (Demonstrasi Plot) yang akhirnya dapat melaksanakan panen Jagung di Subak Timpag Desa Meliling, Kecamatan Kerambitan, Tabanan, Selasa (26/11/2019).

Panen Jagung seluas 0,5 hektar di lahan milik Dinas Pertanian Provinsi Bali itu dikerjakan oleh tangan-tangan tekun di bidang pertanian Kodim 1619/Tabanan atas bimbingan Dinas Pertanian Kabupaten Tabanan maupun Dinas Pertanian Provinsi. Kegiatan juga terangkai dengan pengecekan sistem tanam, mencari lokasi ubinan dan tafsiran hasil produktivitas per hektar oleh anggota BP3K Kecamatan Kerambitan.

Dandim 1619/Tabanan Letkol Inf Toni Sri Hartanto dalam mengatakan, keberhasilan Demplot jagung Kodim 1619/Tabanan, tidak terlepas dari bimbingan Dinas Pertanian Provinsi Bali dan Dunas Pertanian Kabupaten Tabanan.

"Seperti yang kita lihat bersama, hasil dari Demplot Kodim 1619/Tabanan sudah maksimal dimana menurut pengukuran dari Dinas Pertanian Kecamatan, hasil dari Demplot jagung per  hektar diperkirakan kurang lebih16,36 ton", ungkapnya.

Demplot adalah merupakan bentuk atau metode penerapan ketahanan pangan yang telah diprogramkan oleh pemerintah. Kami TNI juga ditugaskan untuk menjaga kedaulatan bangsa dalam urusan pangan.

"Pangan yang tidak mencukupi juaga merupakan ancaman, oleh sebab itu kami juga dilibatkan dalam program pemerintah dalam hal ketahanan pangan nasional", terangnya.

Dandim juga mengapresiasi dan mengucapkan banyak terima kasih kepada Dinas Pertanian Provinsi Bali yang telah memberikan dan mempercayakan lahannya untuk kami manfaatkan sebagai sawah Demplot yang mana dapat mendukung Tabanan sebagai lumbung Pangan Bali.

Seperti kita ketahui dari dulu, padi dan hasil pertanian untuk wilayah Bali masih tergantung dengan hasil pertanian di Kabupaten Tabanan.

"Sekali lagi saya ucapkan  terima kasih kepada seluruh kita semua yang telah mendukung terlaksananya program Demplot jagung Kodim 1619/Tabanan, mudah-mudahan kedepannya akan menjadi lebih baik lagi", tutup Dandim

Sedangkan Praktisi Pertanian Dr. H. Nurianto R.S., S.H., M.H., M.M., menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kodim 1619/Tabanan yang sudah antusias melaksanakan program tersebut dan hasilnya cukup bagus.

"Terima kasih kepada Kodim 1619/Tabanan atas antusianya pada program ini dan hasilnya cukup bagus", ungkapnya.

Sementara Kepala Dinas Pertanian Provinsi Bali diwakili Kepala UPTD Ir. Ida Ayu Kalpika Wati, M.M.,  menyampaikan Demplot jagung kita ini masih tahap belajar karena ada beberapa wilayah yang di jadikan sasaran program  Demplot jagung.

Demplot jagung juga merupakan ketahanan bagian dari program pangan nasional, yang dimana merupakan bagian dari Pajele (padi, jagung dan kedelai) yang sudah diprogramkan oleh pemerintah.

Diharapkan kedepannya Demplot jagung akan kita gunakan sebagai pembelajaran bagi kita semua dan khususnya untuk para petani dan mudah-mudahan Demplot jagung ini bermanfaat untuk kita semua.

Kegiatan diakhiri dengan panen jagung dilanjutkan perontokan biji jagung hasil panen dengan menggunakan alat mesin pertanian (Alsintan) perontok jagung.

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com