Kapolres Buleleng Hadiri Peringatan Hari Pahlawan di Monumo Tugu Bhuwana Kerta - Dewata News

Breaking News

Home Top Ad

Gold Ads (1170 x 350)

11/10/19

Kapolres Buleleng Hadiri Peringatan Hari Pahlawan di Monumo Tugu Bhuwana Kerta


Buleleng, Dewata News. Com - Peringatan Hari Pahlawan yang diperingati setiap 10 November untuk tahun 2019 jatuh pada hari Minggu (10/11) di kabupaten Buleleng dlselebggarkan di Tugu Bhuana Kerta di Desa Panji, Kecamantan Sukasada.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara, Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana, ST sekaligus membacakan amanat Mentri Sosial Republik Indonesia yang pada intinya menyampaikan, peringatan Hari Pahlawan mengingatkan kembali pertempuran 10 November 1945 di Surabaya yang merupakan moment paling bersejarah dalam merebut kemerdekaan Indonesia. 

Pada pertempuran yang terjadi saat itu rakyat bersatu padu, berjuang, pantang menyerah melawan penjajah yang ingin menancapkan kembali kekuasaan Indonesia. Tidak ada pilihan lain yang dapat ditawar pada saat itu, yaitu merdeka atau mati. 

Kaitan peringatan di Monumen Tugu Bhuana Kerta, menurut Bupati PAS, memiliki makna perdamaian dunia, ketentraman kerta raharja, dan bebas dari segala macam perbuatan semena-mena sesama manusia.

Waktu pembangunan Tugu Bhuana Kerta, lanjut Bupati PAS, ialah sesudah perjuangan rakyat Bali dalam melawan kolonialisme Belanda pada Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dikumandangkan. 

Tatkala itu, rakyat Bali Utara berjanji, bahwasannya “Bila Republik Indonesia menang, di tempat yang mana lokasi Tugu Bhuana Kerta sekarang akan dibangun sebuah "Pura Republik”.  Perjanjian nasionalisme tersebut diucapkan oleh para pejuang kemerdekaan rakyat Bali pada tanggal 17 Januari 1948.

Dalam peringatan Hari Pahlawan selain dihadiri Kapolres Buleleng AKBP Suratno, S.I.K, juga seluruh Forkompinda Kabupaten Buleleng serta unsur pejabat lain di lingkungan Pemda Buleleng dan para Veteran. 

Hari Pahlawan yang diperingati setiap tanggal 10 November, diharapkan kepada segenap masyarakat untu lebih menghargai jasa dan pengorbanan para pahlawan.

Disisi lain, Kapolres AKBP Suratno mengajak seluruh anak-anak bangsa umumnya dan khususnya putra-putri Buleleng untuk menjadi Pahlawan Masa Kini, seperti tema hari Pahlawan tahun 2019, “Aku Pahlawan Masa Kini“.

Kapolres Buleleng AKBP Suratno, S.I.K., yang hadir ditengah-tengah peringaran Hari Pahlawan 10 November di Tugu Pahlawan Bhuana Kerta menyampaikan, peringatan hari pahlawan yang dilakukan mengingatkan kita untuk menghargai jasa-jasa para pahlawan. Sebagaimana  disampaikan oleh Bung Karno bahwa, hanya bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya dapat menjadi bangsa yang besar.  

"Menjadi pahlawan masa kini adalah mereka yang menebarkan kebaikan di lingkungan sekitarnya, membuat inovasi yang positif  serta tetap mempertahankan nilai kesatuan berbangsa dan bernegara demi utuhnya Negara Kesatuan Republik Indonesia", cetus AKBP Suratno, S.I.K. (DN - TiR).--

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com