Bupati PAS Resmikan Pusat Riset dan Rehabilitasi Terumbu Karang - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

11/26/19

Bupati PAS Resmikan Pusat Riset dan Rehabilitasi Terumbu Karang


Buleleng, Dewata News. Com  —  Bupati Buleleng, Putu Agus Suradnyana, ST meresmikan Pusat Riset dan Rehabilitasi Terumbu Karang Yayasan Bumi Hijua di PLTU Celukan Bawang, Kecamatan Gerokgak. 

Peresmian ditandai dengan pengguntingan pita oleh Bupati PAS nersama Konsul Jendral China di Denpasar, Mr. Gou Hao Dong, Presiden Direktur PT General Energy Bali (GEB), Chen Zheng, dan Direktur PT GEB Mrs. Irnawanti Sutanto pada hari Senin (25/11).

Pada kesempatan tersebut, Bupati PAS mengatakan, pembangunan pusat riset rehabilitasi terumbu karang yang diprakarsai oleh PT GEB Celukan Bawang ini merupakan salah satu langkah yang sangat berani dalam penyelamatan SDA, khususnya pada terumbu karang yang ada di sekitaran pabrik GEB Celukan Bawang.

”Kalau ini berhasil, berarti ada pengakuan bahwa Factory tidak mengganggu lingkungan. Tapi kalau tidak berhasil, berarti Factory membuat dampak lingkungan yang kurang baik, ini suatu pembuktian,” ujarnya.

Rehabilitasi terumbu karang di Kabupaten Buleleng telah banyak dilakukan, mulai dari Tejakula, Bondalem, Pemuteran dan yang terbaru berada di Desa Tukad Mungga, tetapi, lanjut PAS, hal yang paling penting dalam menyelamatkan terumbu karang tergantung pada para nelayan, karena disaat para nelayan menjaring ikan banyank terumbu karang yang terkena jaring ikan tersebut sehingga menyebabkan kerusakan.

Dengan demikian, dirinya berharap kepada para nelayan agar lebih berhati-hati dalam melepas jala sehingga tidak merusak terumbu karang.

Lanjut orang nomor satu di jajaran Pembkab Buleleng itu, apabila rehabilitasi terumbu karang yang dilakukan oleh PT GEB ini berhasil, dirinya akan membicarakan lebih lanjut bersama PT GEB terkait sampai areal mana bisa dipergunakan untuk Diving, sehingga nantinya tidak menggangu areal pabrik.

”Diupayakan oleh PT. GEB tidak hanya membangun Pusat Riset dan Rehabilitasi saja, tapi jauh diujung sana bisa membuat rumpon untuk nelayan tetap bisa mencari ikan” pungkasnya.

Sementara itu, Direktur PT. GEB Mrs. Irnawanti Sutanto  menjelaskan, bahwa keberadaan Pembangkit Litrik Tenaga Uap (PLTU) Celukan Bawang tidak berdampak kurang bagus terhadap lingkungan, khususnya SDA bawah laut yang terdapat disekitaran pabrik. 

Dengan demikian, dirinya berharap kepada para lembaga swadaya masyarakat (LSM) yang dalam hal ini pernah mencurigai apapun terhadap dampak lingkungan yang disebabkan oleh PLTU Celukan Bawang bisa terbukti, bahwa hal tersebut tidak benar.

“Seperti himbauan Pak Bupati, kami harus mengajak penduduk sekitar sini untuk turut menjaga terumbu karang”

Dirinya mengakui, pada tahun 2015 PT GEB pernah melakukan observasi terhadap terumbukarang dan memperoleh hasil yang cukup baik, tetapi pada tahun 2018 kembali dilakukan observasi dan mendapatkan hasil yang sangat baik 

”Mulai Maret 2018 kami sudah menanam terumbu karang di sekitar sini, bukan cuma menanam, tetapi sekarang ini juga ditemukan ada 89 varietas baru yang belum ada namanya,” pungkasnya.  (DN ~ TiR).—

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com