Bupati PAS Berharap Pilkel Serentak Hasilkan Pemimpin Berkualitas - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

11/1/19

Bupati PAS Berharap Pilkel Serentak Hasilkan Pemimpin Berkualitas


Buleleng, Dewata News. Com - Untuk pertamakalinya, Pemkab Buleleng menetapkan pelaksanaan Pemilihan Perbekel (Pilkel) secara serentak. Bahkan, proses pelaksanaan Pilkel serentak pertama kali ini digelar di 79 desa lingkup Kabupaten Buleleng, Kamis (31/10) itu sudah memasuki hari pencoblosan.

 Sebagai ajang yang strategis dalam demokrasi, pilkel serentak diharapkan menghasilkan pemimpin desa yang berkualitas, seperti diungkapkan Bupati Buleleng, Putu Agus Suradnyana, ST di sela-sela pemantauan pelaksanaan pilkel serentak di Desa Panji, Kecamatan Sukasada, Desa Pemaron dan Desa Anturan, Kecamatan Buleleng, Kamis (31/10).

Bupati PAS menjelaskan, sampai pukul 09.00 WITA pemilih yang sudah datang di salah satu Tempat Pemungutan Suara (TPS) Desa Pemaron sudah mencapai 106 orang dari 500an orang Daftar Pemilih Tetap (DPT).

Dari pemilihan yang sudah digelar sebelumnya, baik itu pilkada, pileg atau pilpres, maupun pilkel partisipasi pemilih rata-rata mencapai 75 persen. Jumlah partisipasi tersebut diharapkan meningkat sebagai bagian dari demokrasi. 

“Mudah-mudahan semuanya bisa datang dan menyalurkan hak pilihnya,” ujar Bupati PAS.

Pilkel serentak kali ini menjadi ajang yang sangat strategis untuk menghasilkan pemimpin desa yang berkualitas. Ke depan, perbekel atau kepala desa lebih mobile dalam menggunakan anggaran. 

Menurut Bupati PAS,
Perbekel juga harus bisa memajukan desa yang lebih signifikan. Utamanya perbekel yang cerdas dan mau bekerja nyata untuk desa. 

Kenapa? Karena, model perbekel sekarang berbeda dengan yang dulu. Kalau dulu hanya sekedar aktif menjalankan program pemerintah di atasnya.

"Sekarang perbekel harus inovatif, karena perbekel juga mempunyai dan memegang anggaran sendiri,” ujar PAS.

Pelaksanaan Pilkel Serentak tahun 2019 di Kabupaten Buleleng dilaksanakan di 79 desa. Dengan rincian Kecamatan Gerokgak 11 desa, Kecamatan Busungbiu 12 desa, Kecamatan Seririt 8 desa, Kecamatan Banjar 3 desa, Kecamatan Sukasada 10 desa, Kecamatan Buleleng 9 desa, Kecamatan Sawan 11 desa, Kecamatan Kubutambahan 10 desa, dan Kecamatan Tejakula 5 desa.

Tercatat 265 calon dengan incumbent sejumlah 62 orang dari 79 desa penyelenggara. Total jumlah DPT sebanyak 313.614 jiwa, meliputi laki-laki 158.153 orang dan perempuan 155.461 orang, tersebar di 583 TPS. (DN - TiR).--

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com