4 Calon Sekda Buleleng Siap Diseleksi - Dewata News

Breaking News

Home Top Ad

Gold Ads (1170 x 350)

11/29/19

4 Calon Sekda Buleleng Siap Diseleksi


Buleleng, Dewata News. Com - Para calon Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Buleleng segera akan menerima tes yang makalah yang langsung membahas melalui wawancara oleh tim panitia seleksi (Pansel). Tes ini termasuk cukup berat, lantaran topik makalah diundi di waktu pelaksanaan tes. 

Di samping itu, peserta hanya memberikan waktu dua jam untuk menulis makalah sesuai topik yang didapat dari hasil undian. 

Empat peserta calon Sekda Buleleng yang diserahkan sepenuhnya dari pejabat Eselon IIB dari alokasi Pemkab Buleleng. Mereka masing-masing, Asisten Administrasi Umum, Gede Suyasa; Asisten Administrasi Perekonomian Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat, Ni Made Rousmini; Asisten Administrasi Pemerintahan, Putu Karuna; dan Kepala Dinas Sosial (Kadisos), I Gede Sandhiyasa.

Saat ini, dokumen dokumen persyaratan dari calon Sekda Buleleng tengah disetujui dan divalidasi oleh Tim Pansel. Berkas persyaratan tersebut juga dikirimkan ke Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN), sebagai dokumen wajib yang dipersyaratkan. Pengumuman hasil pemilihan administrasi disampaikan Kamis (28/11). 

“Semua dokumen persyaratan sudah kami kirim ke tim di Denpasar termasuk ke KASAN. Secara umum, semua dokumen persyaratan dari peserta telah terpenuhi. Nanti mengumumkan hasil pemilihan administrasi wewenang tim pansel,” jelas Kepala BKPSDM Kabupaten Buleleng, Gede Wisnawa, SH didampingi Kasubid Pengembangan Karier dan Promisi, Gede Arya Rimbawa Giri.

Masih kata Wisnawa, ujian terberat untuk para peserta nanti ada pada ujian tes makalah dan wawancara. Karena dinilai makalah ditentukan oleh judul materi yang diperoleh masing-masing peserta. Judul materi itu akan diundi oleh tim pansel saat jadwal tes menerima makalah berlangsung pada 10 Desember 2019. 

Begitu mendapat judul materi, peserta diberikan waktu dua jam menulis makalah sesuai judul materi yang didapat. Disebutkan, pihakya sudah disetujui minimal 15 judul materi seputar pemerintahaan ke tim pansel guna digodok menjadi lima judul. 

“Nanti lima judul materi itu akan diundi. Masing-masing peserta mendapat satu kesempatan mengambil undian. Undian itu berisi judul materi yang kembangkan menjadi makalah,” ungkapnya.

Makalah yang ditulis oleh masing-masing peserta, akan diterbitkan lagi oleh tim pansel lewat tes wawancara. Masing-masing tim akan memperdalam makalah masing-masing peserta lewat pertanyaan-pertanyaan. 

"Memang ini agak berat, tapi saya rasa semua peserta pasti sudah ikut diri sendiri secara fisik dan mental," ujar Wisnawa. 

Sebelum ujian diterima makalah dan wawancara, seluruh calon yang diumumkan administrasi, akan mengikuti ujian selama tiga hari mulai dari tanggal 2-4 Desember 2019. Tes penilaian memerlukan tim asesor dari luar Bali yang ditunjuk oleh tim pansel.

Selain hasil, Tim Pansel juga akan menilai rekam jejak dari seluruh kandidat. Nilai keseluruhan akan disampaikan pada tanggal 14 Desember 2019. 

Tiga nama yang diterima rangking teratas, akan diberikan kepada Bupati Buleleng, Putu Agus Suradnyana untuk ditetapkan sebagai Sekda Buleleng.

Di antara empat calon Sekda Kabupaten Buleleng, disebut-sebut Gede Suyasa yang bakal menempati ranking teratas. (DN - TiR).--

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com