Putu Metta Harap PD Parkir Maksimalkan Penerapan Parkir Berbasis IT - Dewata News

Breaking News

Home Top Ad

Gold Ads (1170 x 350)

10/4/19

Putu Metta Harap PD Parkir Maksimalkan Penerapan Parkir Berbasis IT


Denpasar, Dewata News. Com - Kunjungan Kerja (Kunker) anggota komisi I dan II DPRD Kota Denpasar ke Perusahan Daerah (PD) Parkir diterima langsung oleh Direktur Utama (Derut) PD Parkir, I Nyoman Putrawan, ST yang berlokasi di lantai III PD Parkir, Jumat (4/10).

Dalam kunjungan tersebut, ada beberapa hal yang disampaikan oleh Dirut PD Parkir, I Nyoman Putrawan, ST yakni tentang mulai banyaknya permasalah yang dihadapi oleh PD Parkir sejak tahun 2013 sampai sekarang terutama permasalahan tidak adanya lahan parkir sendiri. Selain itu juga semakin sempitnya mendapatkan lahan parkir karena kebijakan larangan bebas parkir oleh pemerintah di ruas-ruas jalan tertentu. 

"Dari sisi ini, pendapatan PD Parkir kian menurun. Belum lagi pembayaran pajak sebesar 20% yang harus dikeluarkan PD Parkir sehingga menambah kompleksnya masalah yang dihadapi dalam pengelolaan PD Parkir saat ini," terang Nyoman Putrawan.

Lebih jauhnya, PD Parkir memang tidak punya lahan parkir sendiri kecuali menggunakan lahan dalam bentuk kerja sama dengan pihak pemilik usaha. Itu pun jumlah kerja sama model seperti itu masih terbatas karena tergantung dari pemilik lahan seperti hyper market, super market, mini market dan lain-lain. 

"Apalagi sekolah-sekolah baik dari rinfkat SD, SMP, SMA/SMK maupun Perguruan Tinggi yang sudah menerapkan e-parking namun belum juga menjalin kerja sama sehingga keuntungan dari sektor ini untuk pemilik lahan dirasakan belum ada," ucapnya.

Ditambahkan, beberapa ruas jalan yang mengakibatkan pendapatan PD Parkir juga mengalami penurunan yang sangat signifikan. Dicontohkan ruas jalan seperti Jalan Gajah Mada yang selama ini menjadi lahan pemasukan yang cukup besar bagi PD Parkir, kini kawasan tersebut ditetapkan sebagai kawasan bebas parkir. 

"Walau demikian, kondisi tersebut tidak mematahkan semangat PD Parkir untuk terus berupaya melakukan inovasi menjelang perubahan status PD Parkir yang akan segera berubah menjadi Perumda Bakti Praja Sewakadharma.


Sementara salah satu anggota DPRD Kota Denpasar dari Partai Golkar, Putu Metta Dewinta Wandy, SH yang mengikuti kegiatan Kunker ke PD Parkir menyarankan agar kedepanya PD Parkir  bisa lebih menerapkan pelayanan parkir lewat IT yang sudah ada seperti di Mall level 21, kompleks pertokoan udayana yang ada clandysnya. 

"Dibalik itu, semoga apa yang menjadi permasalah di PD Parkir dalam meningkatkan pendapat supaya dari teman-teman komisi I dan II nantinya bisa segera mencarikan solusi. Karena semua ini juga demi kesejahteraan kita bersama terutamanya masyarakat Kota Denpasar," jelasnya.

Putu Metta juga mengatakan agar Dirut PD Parkir kedepanya juga berupaya untuk bisa memaksimalkan lahan yang ada di Kota Denpasar untuk dijadikan lahan parkir sebagai penunjang pemasukan dari pada PAD Kota Denpasar.

"Paling tidak ruas-ruas jalan yang masih bisa difungsikan jadi lahan parkir. Itu bisa difungsikan dengan baik kedepanya. Karena dengan bisa memaksimalkan ruang parkit selain bisa menambah atau meningkatan PAD Parkir juga membantu menumbuhkan lapangan kerja bagi masyarakat Kota Denpasar yang belum mendapatkan pekerjaan," pungkasnya. (DN - Bdi)

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com