BKPSDM Buleleng Uji Potensi & Kompetensi 41 Pejabat Administrator - Dewata News

Breaking News

Home Top Ad

Gold Ads (1170 x 350)

10/27/19

BKPSDM Buleleng Uji Potensi & Kompetensi 41 Pejabat Administrator


Buleleng, Dewata News. Com  —  Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Pemerintah Kabupaten Buleleng melaksanakan ujian Penilaian Potensi dan  Kompetensi  bagi pejabat administrator di lingkup Pemerintah Kabupaten Buleleng. 

Seperti diungkapkan Kepala BKPSDM Kabupaten Buleleng I Gede Wisnawa, SH, bahwa penilaian ini diikuti oleh 41 pejabat setingkat Kepala Bidang, Kepala Bagian, Camat dan Sekretaris. 

Kegiatan Uji Potensi dan Kompetensi ini, dengan melibatkan tiga Asesor, yaitu Kepala PBSDM Provinsi Bali Dr. Ida Bagus Shedawa,SE, M.Si, Widyaswara Ahli Utama PPSDM Provinsi Bali,  Drs. I Nyoman Mariada,M.Si  dan Analis Kepegawaian Ahli Madya BPSDM Pemerintah Provinsi Jawabarat, Dra. Rita Kardinasari, M.Psi.,Dipl. TAA. 

Nantinya para peserta uji kompetensi yang notabene Eselon IV itu akan melalui dua rangkaian tes, yaitu tes tulis dan test wawancara yang berlangsung di Kantor BKPSDM Buleleng, Jumat, 25 Oktober 2019.

Kepala BKPSDM Kabupaten Buleleng I Gede Wisnawa, SH juga mengatakan, dengan penilaian dan uji kompetensi pejabat administrator, BKPSDM akan mengetahui potret dari masing-masing peserta sesuai dengan jabatan yang dipangkunya. Dengan demikian, dari hasil test nanti potensi dan kompetensi akan terlihat dengan jelas, baik dari segi kemampuan dalam menjalankan tupoksinya selaku pelayan masyarakat serta sebagai tolak ukur secara kepribadian dalam melakoni pekerjaan sebagai pejabat di Pemerintahan Kabupaten Buleleng. 

”Nanti dari sini kami bisa ukur, apakah mereka itu cocok dengan jabatannya”, ungkapnya.

Gede Wisnawa menegaskan, bahwa pihaknya untuk ke depannya akan menyasar seluruh pejabat administrator untuk di evaluasi potensi dan kompetensinnya. Dengan demikian, BKPSDM bisa dengan tepat dan pas nantinya dalam memposisikan pejabat administrator sesuai dengan potret dan kemampuannya dalam memangku jabatannya. 

Wisnawa juga meyakini, bahwa penilaian ini akan berdampak positif terhadap kinerja aparatur Pemkab Buleleng, karena semua pejabat administrator yang diposisikan akan bekerja sesuai dengan potensi dan kemampuannya.

”Ketika ini sudah berjalan dan hasilnya ada, nanti BKPSDM akan dapat mengevaluasi, bahwa si A ini cocoknya disini, dan si B cocoknya disitu”, pungkasnya.

Sementara itu, salah satu Dewan penguji Dra. Rita Kardinasari, M.Psi.,Dipl. TAA, dari Analis Kepegawaian Ahli Madya BPSDM Pemerintah Provinsi Jawabarat mengatakan, evaluasi  pejabat administrator yang diselenggarakan BKPSDM Buleleng sesuai dengan amanat UUD nomor 5 dan nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah yaitu salah satu syarat terhadap pengelolaan manajemen PNS, dengan demikian dalam uji potensi dan kompetensi ini dirinya akan memotret pejabat administrator dikabupaten buleleng baik dari sisi managerial,teknis, kompetensi dan pemerintahan.”Ini memastikan bahwa masyarakat dilayani oleh ASN yang kompeten” katanya

Rita menambahkan, Pemkab Buleleng memiliki karakter tersendiri, baik wilayah dan masyarakatnya, dilihat dari langkah nyata dari Pemkab Buleleng dalam mengelola ASN. Dengan demikian kesenjangan kompetensi dari masing–masing pejabat administrator akan sangat mudah untuk dikembangkan sesuai dengan yang dibutuhkan.

”Jangan sampai sakitnya sakit kepala, yang diobati perutnya, dengan data dasar ini nanti akan diketahui kebutuhan pengembangannya apa”, jelasnya (DN ~ TiR).—

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com