Verifikasi dan Validasi Data Simluhtan di Kabupaten Buleleng - Dewata News

Breaking News

Home Top Ad

Gold Ads (1170 x 350)

9/25/19

Verifikasi dan Validasi Data Simluhtan di Kabupaten Buleleng


Buleleng, Dewata News. Com - Pemerintah Kabupaten Buleleng melalui Dinas Pertanian bersama Badan Penyuluhan menggelar verifikasi dan validasi data simluhtan dalam membangun database pertanian di ruang rapat Dinas Pertanian Kabupaten Buleleng.

Verifikasi dan validasi data yang dilaksanakan mulai, Selasa (24/09) ini dipimpin Kepala Bidang Program dan Evaluasi Penyuluhan Ir. I Wayan Ediana, M.Si dan diikuti penyuluh pertanian dari seluruh wilayah kerja di Kabupaten Buleleng. 

Ir. I Wayan Ediana, M.Si menjelaskan, ini merupakan koordinasi validasi data simluhtan yang akan menjadi  big data Kementerian Pertanian. Sekaligus merupakan tindak lanjut dari instruksi Presiden No 39 tahun 2019 yang ditindak lanjuti Kementerian Keuangan, Kementerian Pertanian dan Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (BAPPENAS).

Wayan Ediana menambahkan data simluhtan ini berbasis ditingkat desa dan akan di data dan di update langsung oleh penyuluh di wilayah kerjanya dari para petani atau kelompok tani binaannya masing-masing dan data yang akan didapat ini bukan berupa sample melainkan data real dari lapangan. "Data yang kami dapat real dari penyuluh di lapangan," ujarnya.

Ia juga menyebut, untuk verifikasi dan validasi data ini merupakan pilot project yang baru dilaksanakan di tiga Provinsi yaitu, Bali, Yogyakarta, dan Banten. Untuk Provinsi Yogyakarta verifikasi ini sudah selesai, untuk Provinsi Banten sedang dilakukan verifikasi dan untuk Provinsi Bali sendiri mulai besok tim verifikasi akan turun langsung ke lapangan dan di targetkan September ini akan tuntas. 

"Kami berharap September ini bisa tuntas," jelas Wayan Ediana 
             
Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Buleleng Ir. I Made Sumiarta menyebut salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas SDM petani dan keluarganya adalah melalui kegiatan penyuluhan pertanian.

"Peningkatan kemampuan petani tidak hanya mencakup kemampuan teknik budidaya atau teknik produksi, tetapi juga kemampuan petani dalam menangani aspek ekonomi usaha dan kemampuan menumbuhkembangkan organisasi ekonomi mereka", imbuhnya. 

Made sumiarta menjelaskan, ke depan pihaknya akan melaksanakan pendataan, terkait dengan simluhtan dan berharap para penyuluh dapat bekerja sama dengan baik dan terus berkoordinasi dengan Dinas Pertanian untuk menghindari kesalahan-kesalahan agar nantinya program ini berjalan dengan baik. 

"Kami mohon kerjasama rekan-rekan penyuluh untuk mensukseskan program ini," pintanya. (DN - TiR).--

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com