Cinta Perpustakaan Untuk Kreatifitas Dan Inovasi Anak - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

9/25/19

Cinta Perpustakaan Untuk Kreatifitas Dan Inovasi Anak


Gianyar, Dewata News. Com - Puncak peringatan pengembangan dan minat budaya baca di kalangan pelajar dan masyarakat luas, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusar) Kabupaten Gianyar menggelar Pameran Arsip Statis Gerakan Masyarakat Peduli Arsip (Gempar). Kegiatan dibuka Asisten Administrasi Ekonomi dan Pembangunan, Setda Kabupaten Gianyar, Drs. I Made Suradnya, M.Si di Balai Budaya Gianyar, Rabu, (25/9). Selanjutnya, pameran akan dilaksanakan di Kantor Dispusar Kabupaten Gianyar hingga 25 Oktober mendatang.

Pameran yang dirangkai dengan pemberian hadiah kepada pemenang Lomba Menggambar, Bercerita, Matembang, Ngartos, dan Lomba Resensi Buku juga diisi dengan pameran yang dibagi menjadi tiga kelompok yakni, Bali Tempo Dulu bekerjasama dengan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Propinsi Bali, 

Kepala Dispusar Kabupaten Gianyar, Cokorda Gde Agusnawa mengatakan, Pameran Gempar merupakan media sosialisasi, informasi dan edukasi bagi masyarakat tentang arti penting Arsip. Dalam hal ini, arsip merupakan satu piranti penting dalam pengambilan keputusan, perencanaan, pengawasan, pembuktian dan bahan penelitian.

Dikatakan, kegiatan Pengembangan Minat dan Budaya Baca bertujuan untuk meningkatkan Minat dan Budaya Baca Masyarakat Gianyar. Sedang, Publikasi Arsip Statis yang diikuti oleh peserta didik TK, SD, SMP, SMA/SMK Negeri dan Swasta Se-Kabupaten Gianyar bertujuan untuk mensosialisasikan, dan mempublikasi arsip statis Kabupaten Gianyar, serta mewujudkan budaya sadar dan peduli arsip masyarakat Gianyar.

“Melalui kegiatan ini, kami ingin menumbuhkembangkan kegemaran membaca dan kecintaan terhadap perpustakaan dalam upaya membangun karakter, kecerdasan, kreativitas dan inovasi anak-anak sekolah dari tingkat TK, SD, dan SMA/SMK se-Kabupaten Gianyar,” imbuh Cokorda Gde Agusnawa.

Dijelaskan Agusnawa, saat ini Kabupaten Gianyar telah memiliki tiga unit perpustakaan keliling. Dari jumlah perpustakaan 447 unit yang ada di Kabupaten Gianyar terdapat sebanyak 686.294 koleksi judul buku yang dimiliki dengan jumlah kunjungan ke perpustakaan sebanyak 313.006 orang per bulan.

Sementara, Sekretaris Dispusar Provinsi Bali, I Gusti Bagus Wirianata mengatakan, Kantor Perpustakaan dipandang perlu selalu hadir untuk memberikan pelayanan kepada pemustaka secara prima agar dapat meningkatkan kegemaran membaca serta memperkuat wawasan dan pengetahuan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa.

“Kita berharap penyelenggaraan kearsipan dapat bersifat terpadu, sistemik untuk mewujudkan tertib arsip dalam penyelenggaraan pemerintahan,” kata Gusti Bagus Wirianata.



Bupati Gianyar, I Made Mahayastra dalam sambutan yang dibaca Asisten Administrasi Ekonomi dan Pembangunan, I Made Suradnya mengapresiasi penyelenggaraan kegiatan Pengembangan Minat dan Budaya Baca di Kabupaten Gianyar secara berkelanjutan.  Pengembangan Minat dan Budaya Baca, merupakan kegiatan rutin tahunan yang dilaksanakan Pemkab. Gianyar, dan tahun ini merupakan kegiatan keenam sejak dimulai tahun 2014.

Dikatakan, budaya baca sangat penting, dalam upaya meningkatkan kualitas SDM Kabupaten Gianyar, agar dapat bersaing secara global demi kemajuan pembangunan di Kabupaten Gianyar. Oleh karenanya, kegiatan ini dapat digelorakan dan digemakan ke seluruh lapisan masyarakat. Terlebih lagi di era banyaknya berita hoak di media sosial. Dengan benteng budaya baca masyarakat, diharapkan seluruh masyarakat Gianyar menjadi pembaca yang cerdas dalam menyerap informasi. Sehingga berita hoak tidak menyesatkan dan memecah belah kita dalam berbangsa dan bernegara.

Ke depan, berbagai program terobosan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Gianyar, diharapkan agar sejalan dengan visi Terwujudnya Masyarakat Gianyar yang bahagia, sejahtera, aman dan damai, mandiri, berintegritas berlandaskan Tri Hita Karana melalui Pola Pembangunan Nasional Semesta Berencana. (DN - CiN)

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com