Bulan Kemerdekaan Berlalu, Pentingnya Penguatan Aktualisasi Nilai-nilai Pancasila - Dewata News

Breaking News

Home Top Ad

Gold Ads (1170 x 350)

9/1/19

Bulan Kemerdekaan Berlalu, Pentingnya Penguatan Aktualisasi Nilai-nilai Pancasila


Bangsa Indonesia baru saja memperingati 74 tahun Kemerdekaan. Dibawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo, HUT ke-74 RI mengusung tema "SDM Unggul Indonesia Maju".

Untuk mendukung mewujudkan makna dari tema HUT Kemerdekaan RI itu, dasar negara lebih diperkuat sebagai fedomental bangsa.


Karena saat ini bangsa Indonesia sedang mengalami berbagai cobaan, khususnya rongrongan terhadap ideologi Pancasila, khususnya oleh paham-paham yang bertentangan dengan Pancasila, sehingga penguatan Pancasila sangat penting.

Pentingnya penguatan aktualiasi nilai-nilai Pancasila, baik melalui Peraturan Bupati (Perbup) ataupun Peraturan Daerah (Perda) sangat perlu dilakukan. 

Artinya, sebelum dalam bentuk Perda, revitalisasi dan aktualisasi nilai-nilai Pancasila perlu dutuangkan dulu dalam bentuk Perbup.

Pada pelaksanaan Pemilu 2019 beberapa waktu lalu, suhu politik di Indonesia cukup panas. 

Adanya perbedaan pendapat dan pilihan pada era reformasi adalah hal yang biasa, namun hal itu tidak boleh sampai memecah belah bangsa.

Apapun pilihan kita, NKRI adalah harga mati dan Pancasila sebagai dasar negara, harus tetap menjadi puncak dari segala puncak. 

Di era Presden Jokowi, keberadaan Pancasila semakin dikuatkan melalui pembentukan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Indonesia. Mudah-mudahan lembaga ini juga akan ada di provinsi dan kabupaten untuk Indonesia yang lebih baik.

Tujuan dari perayaan HUT Proklamasi Kemerdekaan setiap tahunnya adalah untuk mengucap rasa syukur atas kemerdekaan dan mengobarkan kembali semangat juang pahwalan, agar generasi penerus tidak keluar dari cita-cita kemerdekaan. 

Oleh karenanya, melalui momentum peringatan HUT RI, merupakan kewajiban seluruh komponen bangsa untuk meneruskan perjuangan para pahlawan, guna menjadikan bangsa Indonesia, bangsa yang besar dan maju.

Melalui momentum peringatan HUT ke-74 Kemerdekaan RI, mari menapakkan langkah kaki seluruh masyarakat Buleleng khususnya, untuk terus bekerja keras dan selalu meningkatkan diri. Karena dengan SDM yang unggul, Indonesia maju. Astungkara.
- Made Tirthayasa -

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com