Bupati PAS : Kelestarian Lingkungan Hidup Mampu Berikan Kesejahtraan Masyarakat Buleleng - Dewata News

Breaking News

Home Top Ad

Gold Ads (1170 x 350)

8/30/19

Bupati PAS : Kelestarian Lingkungan Hidup Mampu Berikan Kesejahtraan Masyarakat Buleleng


Jakarta, Dewata News. Com — Masalah lingkungan hidup merupakan masalah yang harus diselesaikan secara bersama-sama antara  pemerintah dan masyarakat, karena kelestarian lingkungan hidup mampu memberikan kesejahtraan dan kesehatan bagi masyarakat itu sendiri, seperti diungkapkan Bupati Buleleng, Putu Agus Suradnyana, ST  usai mengikuti acara penilaian kinerja Kepala Daerah dan DPRD Kabupaten/Kota dalam pengelolaan lingkungan hidup, di Gedung Manggala Wanabakti, Kementerian Lingkungan Hidup, Jakarta, Kamis sore  (29/08).

Sejak menjabat selaku Kepala Daerah di Buleleng, Bupati PAS sudah mengeluarkan kebijakan-kebijakan dalam mendungkung berbagai program, terkait masalah lingkungan hidup. Karena kesehatan lingkungan merupakan kebutuhan bersama untuk generasi kedepannya. 

”Kegiatan lingkungan bukan hanya alamnya saja, tapi memberikan kesejahteraan kepada masyarakat, karena keseimbangan itu penting. Dalam artian, alam itu memberikan sesuatu, baik itu kesejahteraan maupun kesehatan terhadap masyarakat”, ujarnya.

Bupati PAS menegaskan, pemeliharaan lingkungan hidup di Kabupaten Buleleng sudah dilakukan secara berkesinambungan, baik melalui pemeliharaan sumber daya air dengan menjaga kebersihan saluran sanitasi dipermukiman perkotaan, memberikan kendaraan pengangkut sampah di masing-masing Desa/Kelurahan di Kabupaten Buleleng serta melakukan penanaman pohon di kawasan permukiman penduduk dan kawasan hutan lindung sebagai upaya dalam penyelamatan ekosistem setempat.

”UUD Nomor 32 tentang perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup benar-benar diterapkan di Kabupaten Buleleng”, jelasnya meyakinkan.

Disisi lain, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Buleleng, Putu Ariadi Pribadi, S. STP, MAP, mengatakan, penyampaian informasi yang dibawakan oleh Bupati Buleleng bersama Ketua DPRD Buleleng, Gede Supriatna, SH di Kementrian Lingkungan Hidup, terkait dengan kinerja lingkungan hidup daerah Kabupaten Buleleng untuk tahun 2018. 

Komitmen dan kebijakan serta inovasi-inovasi dalam menangani permasalahan lingkungan seperti  masalah sampah, air bersih dan pemeliharaan sanitasi dipermukiman masyarakat, menurut Ariadi Pribadi, telah dilakukan dengan dukungan penuh dari Bupati Buleleng.

Kebijakan Bupati Buleleng tentang pemeliharan lingkungan hidup, ditengarai Kepala DLH Buleleng ini, telah mencetuskan inovasi-inovasi seperti pengelolaan sampah melalui pemberian jasa pungutan sampah plastik, pemberian pinjam pakai kendaraan pengankut sampah kepada Desa/Kelurahan di Kabupaten Buleleng, penanaman pohon serta penyelamatan air bersih melalui pemeliharaan sungai.

”Seperti contoh Tukad Banyumala, bagaimana kami menjaga kualitas air Tukad Banyumala yang sekarang ini memiliki kualitas air kelas dua, serta untuk sanitasi, Bapak Bupati berkomitmen untuk pengelolaan limbah rumah tangga diselesaikan secara bersama-sama melalui sistem komunal” ujar Putu Ariadi. (DN ~ TiR).—

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com