Kerahkan Danramil Dan Babinsa, Kodim Gianyar Edukasi Siswa Baru Dengan Wawasan Kebangsaan - Dewata News

Breaking News

Home Top Ad

Gold Ads (1170 x 350)

7/15/19

Kerahkan Danramil Dan Babinsa, Kodim Gianyar Edukasi Siswa Baru Dengan Wawasan Kebangsaan


Gianyar, Dewata News. Com - Guna menumbuhkan jiwa patrotisme dan nasionalisme di kalangan warga negara, maka pembekalan wawasan kebangsaan sangatlah penting dilaksanakan secara berkesinambungan.

Dikarenakan saat ini terindikasi banyak generasi bangsa yang kurang paham dengan wawasan kebangsaan termasuk didalamnya terkait bela negara.

Kecenderungan yang terjadi adalah melupakan nilai-nilai kebangsaan terlebih lagi dihadapkan pada era globalisasi saat ini terutama kalangan muda banyak yang kurang memahami nilai-nilai yang terkandung dalam empat konsensus dasar berbangsa dan bernegara.

Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah atau  MPLS bagi siswa-siswi baru dapat dijadikan moment untuk menambah wawasan kebangsaan yang juga menjadi materi dalam pembekalan oleh Para Danramil Jajaran Kodim 1616/Gianyar dan Para Babinsa yang secara serentak dilaksanakan di Sekolah Menengah Pertama (SMP) maupun Sekolah Menengah Atas (SMA) se Kabupaten Gianyar.

Program pemberian wawasan kebangsaan secara serentak yang dilaksanakan Senin (15/07) tersebut merupakan salah satu program dari TNI AD yang bertujuan untuk membina generasi muda yang berwawasan luas yang memiliki semangat patriotisme dan kejuangan yang berlandaskan Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika dan tetap menjaga persatuan kesatuan bangsa dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Pada kesempatan tersebut Para Danramil Jajaran Kodim 1616/Gianyar mengajak kalangan siswa-siswi untuk selalu peka terhadap perkembangan jaman apalagi dihadapkan pada potensi ancaman globalisasi yang berbasis teknologi internet dan diingatkan untuk tidak melupakan meningkatkan prestasi belajar demi terciptanya generasi muda yang tangguh dan mampu beradaptasi dengan perkembangan jaman.

Materi peraturan baris berbaris atau PBB juga diberikan oleh para Babinsa di beberapa sekolah yang bertujuan untuk menumbuhkan rasa disiplin kepada para siawa karena dengan kepatuhan terhadap perintah atau aba-aba yang terdapat dalam aturan pelatihan baris berbaris akan membuat anak-anak sekolah menjadi terbiasa dengan perintah atau petunjuk yang disampaikan

Dandim 1616/Gianyar, Letkol Kav. Asep Noer Rokhmat, S.E.,M.M., yang di temui di ruang kerjanya menegaskan bahwa Kodim 1616/Gianyar sebagai Satuan Kewilayahan memiliki kewajiban moral untuk mendidik anak bangsa terutama generasi muda agar memiliki jiwa patriotisme dan mampu bersaing ke depannya dalam membangun Bangsa Indonesia sehingga penyiapan generasi muda yang tangguh mutlak harus di lakukan sejak dini.

"Kami berharap apa yang telah di lakukan oleh Jajaran Kodim 1616/Gianyar dengan memberikan wawasan kebangsaan akan dapat bermanfaat dan berguna untuk membentuk generasi muda yang berkarakter dan berjiwa nasionalis", tegas Dandim.

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com