Jelang Hari Raya Galungan, Pemkab Gianyar Gelar Pasar Murah - Dewata News

Breaking News

Home Top Ad

Gold Ads (1170 x 350)

7/17/19

Jelang Hari Raya Galungan, Pemkab Gianyar Gelar Pasar Murah


Gianyar, Dewata News. Com - Jelang Hari Raya Galungan dan Kuningan, Pemkab. Gianyar melalui Tim Dewan Ketahanan Pangan Kab. Gianyar bekerjasaama dengan TP PKK kab Gianyar menggelar pasar murah di dua tempat berbeda yaitu Pasar Umum Gianyar dan di Halaman Kantor Bupati Gianyar, Rabu (17/7).

Pasar murah yang menjual beberapa kebutuhan pokok dan kebutuhan hari raya itu cukup banyak menarik minat masyarakat dan pengawai di Lingk. Pemkab. Gianyar. Bahkan Bupati Gianyar Made Mahayastra didampingi ketua TP.PKK Kab. Gianyar Ny. Surya Adnyani Mahayastra dan beberapa kepala OPD terkait ikut berbaur dengan para pegawai berbelanja pasar murah.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Perikanan kab. Gianyar Dewi Hariani memaparkan, kegiatan pasar murah memang rutin dilakukan tiap menjelang hari raya Galungan dan Kuningan. Ditambahkan Dewi Hariani, Tim kerja Dewan Ketahanan Pangan Kab. Gianyar yang diketuai Bupati Gianyar terdiri dari tiga pokja yaitu pokja ketersediaan di gawangi oleh Dinas Pertanian, pokja Distribusi oleh Disperindag dan Pokja Konsumsi oleh Dinas Kesehatan. Pokja distribusi  tugasnya seperti saat ini yaitu memfasilitasi para petani untuk memasarkan hasil pertaniannya melalui event-event tertentu semacam pameran maupun pasar murah.

Menurut Dewi hariani tidak bisa dipungkiri menjelang hari raya biasanya  beberapa komoditas mengalami lonjakan harga, hal ini yang harus disikapi. Untuk pasar murah di Halaman kantor Bupati Gianyar yang banyak dipasarkan adaalah kebutuhan menjelang hari raya seperti buah-buahan, janur, bumbu dapur maupun berbagai jenis kue untuk hari raya. Sedangkan pasar murah yang digelar di Pasar Umum Gianayr bekerjasama dengan Bulog menyediakan komoditi seperti beras dalam kemasan 5 Kg. seharga Rp.50 ribu. Beras kemasan 10kg Rp.99 ribu, minyak goreng Rp.11 ribu, tepung terigu Rp. 8 ribu perkilo dan bawang putih  untuk setengan kilo seharga Rp.13 ribu.

“Untuk harga kita tidak bisa mengatakan harga di pasar murah jauh lebih murah, karena kita juga harus memperhatikan kesejahteraan para petani, namun yang pasti kita jamin adalah harga barang di pasar murah tidak lebih mahal dari harga di pasar untuk komoditas yang sama,” jelas Dewi Hariani.

Sementara itu Ketua TP PKK Kab. Gianyar, Ny. Surya Adnyani Mahyastra menambahkan, TP PKK kab. Gianyar secara rutin memang ikut berpartisipasi dalam pasar murah yang diadakan di halaman kantor Bupati Gianyar. Biasanya menjelang hari raya beberapa barang untuk kebutuhan hari raya seperti bunga, janur, buah-buahan melonjak drastis menjelang Galungan dan Kuningan, dan ini yang biasanya membuat para ibu-ibu harus putar otak bagaimana caranya mensiasati agar kebutuhan semuanya terpenuhi. Melihat hal tersebut, Tp PKK Kab. Gianyar menurut Ny. Adnyani Mahayastra juga ikut ambil bagian dengan menjual beberapa jenis kue untuk keperluan hari rayaa.

Bahkan jika memungkinkan  kedepannya, TP PKK bersama Dinas pertanian maupun Disperindag menjelang hari raya Galungan , pasar murah akan diadakan di tempat umum seperti lapangan astina Gianyar. karena jika diadakan di tempat umum seperti itu, biasanya masyarakat tidak akan sungkan untuk berbelanja. Meski tidak murah sekali, namun di pasar murah masyarakat dapat langsung berbelanja dari petani bukan melalui pihak ketiga, sehingga harga bisa sedikit lebih murah dari harga di pasar.

“Lewat pasar murah setidaknya kita bisa membantu dari dua sisi, petani dapat memasarkan hasil pertaniannya langsung, dan kita juga bisa membantu masyarakat mendapatkan barang yang segar dan berkualitas dengan harga terjangkau,” jelas Ny. Adnyani Mahayastra.

Ikut terlibat dalam pasar murah adalah Bulog, petani binaan Dinas Pertanian Gianyar, Kelompok wanita tani dan TP PKK Kab. Gianyar. (DN - CiN)

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com