Target Raih Adipura Tahun 2021, Buleleng Gelar Bimtek Pengelolaan Sampah - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

6/14/19

Target Raih Adipura Tahun 2021, Buleleng Gelar Bimtek Pengelolaan Sampah


Buleleng, Dewata News. Com - Guna meraih target tercapainya Trofi Adipura tahun 2021, berbagai upaya telah dilakukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buleleng, termasuk Pemerintah Kecamatan Buleleng sebagai kecamatan ibukota Kabupaten Buleleng. 

Salah satunya, adalah menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Manajemen Pengelolaan Sampah Terpadu Berwawasan Lingkungan kepada kelurahan di wilayah Kecamatan Buleleng.

Bimtek yang diselenggarakan selama empat hari ini dibuka secara resmi oleh Camat Buleleng, Gede Dody Sukma Oktiva Askara, S.Sos.,M.Si di Wantilan Desa Adat Buleleng, Selasa (11/06) lalu.

Camat Dody menjelaskan, bahwa dengan target Kota Singaraja meraih trofi Adipura tahun 2021, bimtek ini dilakukan kepada aparat kelurahan, kepala lingkungan dan kelompok masyarakat sasaran. Setiap kelurahan dengan memanfaatkan dana kelurahan yang baru ada tahun 2019 ini, diisyaratkan membawa 60 kelompok masyarakat sasaran.

"Masing-masing kelurahan juga akan dijadikan pilot project lingkungan bersih, nyaman, dan asri. Tujuan utamanya, adalah Kota Singaraja bisa meraih trofi Adipura tahun 2021,” jelasnya ketika ditemui di Singaraja, Jumat (14/06).
Menurutnya Camat Kota yang energik ini, ntuk kebersihan lingkungan guna mewujudkan target Kota Singaraja meraih Trofi Adipura tahun 2021, dana kelurahan yang diterima di wilayah Kecamatan Buleleng pada tahun 2019 difokuskan untuk sarana dan prasarana bidang pengelolaan persampahan. Termasuk pemberdayaan masyarakat, agar bisa memilah sampah dari skala rumah tangga masing-masing. 

Oleh karena itu, materi yang diberikan selama Bimtek itu oleh Kecamatan Buleleng sendiri, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) dan dari pemerhari persampahan. 

“Namun, tidak sampai di sini saja. Setelah pelaksanaan Bimtek empat hari  masih dalam tataran teori, kemudian melakukan teori dan praktek di masing-masing kelurahan. Terakhir penerapannya juga di masing-masing kelurahan,” ujar Dody.

Sementara itu, Kepala DLH Kab. Buleleng Putu Ariadi Pribadi, S.STP.,MAP di tempat terpisah menyebutkan, bahwa ke depannya pengelolaan sampah pada masing-masing rumah tangga diharapkan dilakukan secara benar dan baik.

Artinya, lanjut Ariadi, dimulai dari pemilahan, pengumpulan dan pemrosesan akhir. Dengan begitu, sampah bisa diselesaikan di sumber sampah.
Sampah yang sudah terpilah, baik itu organik yang bisa dijadikan kompos dan anorganik bisa disalurkan ke bank sampah.

“Bank sampah ini yang nantinya menyalurkan kembali ke pengepul-pengepul sampah yang memiliki nilai ekonomis seperti botol air mineral ataupun kardus,” tandasnya. (DN - TiR).-

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com