Empat Guru SMPN 1 Denpasar Gelar Seminar Laporan Hasil PTK - Dewata News

Breaking News

Home Top Ad

Gold Ads (1170 x 350)

6/5/19

Empat Guru SMPN 1 Denpasar Gelar Seminar Laporan Hasil PTK


Denpasar, Dewata News. Com - Sebanyak Empat Guru SMPN1 Denpasar menggelar seminar laporan hasil Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Seminar ini menghadirkan Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kota Denpasar yang di Wakili Kepala Bidang (Kabid) Pembinaan SMP Kota Denpasar A.A Gede Wiratana, Plt. Kepala SMPN 1 Denpasar Ni Wayan Sudani, S.Pd. M.Pd dan beberap orang guru serta beberapa orang siswa dari SMPN 1 Denpasar di ruang aula, Selasa (4/6).

Kabid Pembinaan SMP Kota Denpasar A.A Gede Wiratana dalam sambutanya mengatakan sangat mengapresiasi kinerja para guru di SMPN 1 Denpasar yang punya dedikasi tinggi dalam meningkatkan kualitas diri. Peningkatan potensi ini menjadi hal yang wajib untuk guru, bahkan juga diatur dalam undang-undang. Ia mengimbau, agar guru lain mencontoh jejak empat guru yang telah melakukan seminar laporan hasil PTK. 

"Para guru harus meningkatkan potensi diri, kunjungi folder "Rumah Belajar". Disana guru mendapat informasi secara maya yang nantinya bisa dijadikan acuan penelitian. Selain itu, disana juga ada ujian maya untuk guru," terangnya. 

Dukungan terhadap peningkatan potensi pengajar juga disampaikan Plt. Kepala SMPN 1 Denpasar, Ni Wayan Sudani. Ia yang hadir saat itu menyampaikan, bahwa sekolah mendukung guru melakukan riset. Salah satunya melalui seminar laporan hasil PTK. 

"Dukungan itu diterapkan melalui pembentukan tim pengawas penelitian yang bertugas memastikan riset tersebut tidak fiktif. Kami berupaya selektif, memastikan riset itu dapat meningkatkan nilai belajar siswa. Kami punya puluhan guru ASN, namun yang siap baru empat guru saja," ucapnya. 


Lanjut Ni Wayan Sudani, dari empat orang guru yang melaporkan hasil PTK dengan mengambil judul penelitian yang berbeda-beda yakni peneliti pertama Putu Eka Juliana Jaya, SE, M.Si dengan judul penelitiannya Upaya Peningkatan Prestasi Belajar IPS Siswa Kelas VIII C SMP Negeri 1 Denpasar Melalui Pendekatan Learning Community Tahun Pelajaran 2018/2019, peneliti kedua I Made Muliarta, S.Ag dengan judul Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Pendidikan Agama Hindu Peserta Didik Dengan Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Tahun Pelajaran 2018/2019.

"Kemudian untuk peneliti ketiga IB Ary Suryanta Pidada, ST dengan judul Penerapan Metode Tutor Sebaya Dalam Pembelajaran Microsoft Office Word 2007 Untuk Meningkatkan Aktivitas Dalam Hasil Belajar Teknologi Informasi dan Komunikasi Siswa Kelas VII G SMPN 1 Denpasar dan peneliti keempat Drs. I Gede Kinten, M.Ag dengan judul Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Student Team Actievement Division (STAD) Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Daerah Bali Kelas VII A Semester I SMPN 1 Denpasar Tahun Pelajaran 2018/2019," jelasnya.

Sementara, Putu Eka Juliana Jaya, SE, M.Si yang akrab disapa Wawa Arja yang juga guru IPS di SMPN 1 Denpasar menambahkan penelitian yang berjudul Upaya Peningkatan Prestasi Belajar IPS Siswa Kelas VIII C SMP Negeri 1 Denpasar Melalui Pendekatan Learning Community Tahun Pelajaran 2018/2019 lebih banyak menggunakan model pendekatan learning community. 

Wawa Arjaya yang juga istri mantan Ketua Komisi 1 DPRD Bali I Made Arjaya menuruskan bahwa penelitian dilakukan selama I semester ini tujuannya untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VIII C melalui learning community. Selain itu, teknik pengumpulan data lebih banyak menggunakan teknik observasi, teknik evaluasi tertulis dan teknik dokumentasi," tambahnya. (DN - Bdi)

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com