Meriah! Pembukaan PKB Ke-41 dan Buleleng Expo III - 2019 - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

5/18/19

Meriah! Pembukaan PKB Ke-41 dan Buleleng Expo III - 2019


Buleleng, Dewata News. Com - Pesta Kesenian Bali (PKB) ke-41 kembali digelar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buleleng di Panggung Terbuka Dermaga eks Pelabuhan Buleleng, Jumat malam (17/05)

Acara pembukaan malam itu secara resmi ditandai dengan pemukulan gong oleh Bupati PAS sapaan akrab Putu Agus Suradnyana, didampingi Wakil Bupati Buleleng dr. I Nyoman Sutjidra,Sp.OG, Ketua DPRD Buleleng Gede Supriatna,SH, Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Bali I Wayan Adnyana, Rektor ISI Denpasar Prof. Dr. I Gede Arya Sugiartha, S.S.Kar, M.Hum, Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Buleleng Drs. Gede Komang,M.Si.

Kemeriahan pembukaan PKB ke-41 malam itu dengan menggandeng gelaran Buleleng Expo III Tahun 2019 yang dibuka Bupati PAS ditandai pengguntingan untaian bunga di Gedung Mr.Ketut Pudja.

Seperti diketahui, bahwa PKB merupakan salah satu upaya penyelematan khasanah seni budaya tradisional maupun klasik. Bukan hanya itu, seperti dilansir Humas Pemkab Buleleng, ajang PKB juga dapat membuka ruang kepada seniman untuk bereksperimen terhadap karya baru yang lahir sebagai upaya pengembangan atau inovasi sehingga seni di Bali dapat menambah warna baru seni budaya daerah.

Gelaran PKB ke-41 dan Buleleng Expo III - 2019 ini akan berlangsung selama 5 hari mulai 17 Mei sampai 21 Mei 2019 mendatang. PKB ke-41 tahun ini mengambil tema “Bayu Permana” yang artinya memuliakan sumber daya angin, yang dimaknai sebagai kesadaran dalam memuliakan daya, energi dan kekuatan unsur semesta.

Pada pembukaan PKB Kabupaten Buleleng ke-41 tahun 2019 ini, dimeriahkan oleh seniman-seniman dari luar Kabupaten Buleleng. Mulai dari penampilan kesenian dari Konjen India di Denpasar, penampilan Sekaa Gong Kebyar Wanita dari Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar.

Sementara itu, pada pelaksanaan Buleleng Expo III tahun 2019 menampilkan stand pameran yang diikuti Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Jombang, Jawa Timur, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, dan tarian kesenian khas dari Kabupaten Berau, Kalimantan Timur.

Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana mengatakan, tema yang diusung pada PKB tahun ini merupakan konsep adiluhung yang akan menjadi pemantik kreativitas berbasis tradisi Bali, khususnya di Bali Utara.

Bupati PAS juga meyakini, konsep ini dapat mengilhami generasi masa kini untuk selalu mencintai kebudayaan leluhur untuk membangun karakter, jati diri, dan kesejahteraan bersama. Karena itu, Pemkab Buleleng berkomitmen untuk melanggengkan kejayaan PKB sebagai ikon festival seni yang kolosal, merakyat dan sekaligus bereputasi di tingkat dunia.

“Harapan ini tentu akan terwujud, karena sinergi dan kerjasama semua pihak dari budayawan, seniman, kontingen luar daerah, media pers, tim pembina, panitia, tim penggerak PKK, seluruh SKPD, serta masyarakat Buleleng secara keseluruhan,” pungkasnya.

Sementara dalam laporannya, Kepala Dinas Kebudayaan (Disbud) yang juga sebagai Ketua Panitia Drs. Gede Komang, M.Si mengatakan, tema yang diusung pada PKB tahun ini diharapkan peserta dapat mengimplementasikan dalam bentuk tetabuhan, maupun tarian, serta mengangkat cerita dari sastra Bali yang berkaitan dengan energi angin.

Gede Komang mengaku, Disbud sebelumnya telah melakukan pembinaan terhadap peserta PKB dengan menggandeng tim pembina yang merupakan pepaduan antara seniman akademisi dan seniman alam yang profesional di bidangnya.

“Pembinaan ini kami lakukan untuk menjaga mutu dan kualitas tampilan dari sekaa, sanggar, kelompok seni yang akan tampil di PKB tingkat Provinsi Bali,” imbuhnya. (DN - TiR).

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com