Dispar Buleleng Gelar Pelatihan Tata Kelola Destinasi Pariwisata - Dewata News

Breaking News

Home Top Ad

Gold Ads (1170 x 350)

5/21/19

Dispar Buleleng Gelar Pelatihan Tata Kelola Destinasi Pariwisata


GEROKGAK yang merupakan wilayah kecamatan terluas di ujung barat kabupaten Buleleng. Dari titik 0 Kilometer Kota Singaraja di Tugu Singa membentang 35 Km ke arah barat di Desa Gerokgak sebagai pusat pemerintahan Kecamatan Gerokgak.

Salah satu andalan objek wisata yang sangat indah dan bisa memberikan sensasi yang berbeda dengan aktivitas kita sehari hari, yakni Pemuteran.

Selain itu, objek wisata budidaya mutiara di Gerokgak, Buleleng, Bali memiliki pesona keindahan yang sangat menarik untuk dikunjungi. Sementara tak kalah dengan pesona bawah laut, wisata spiritual.
Juga yang tidak jauh dari lokasi juga terdapst pulau Menjangan dan Gili Putih.  

Dengan berbagai macam pilihan wisata menarik dan unik di Kecamatan Gerokgak, Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Buleleng, Ir. Nyoman Sutrisna, MM didampingi oleh Kabid Sumber Daya Pariwisata (SDP), Ketut Sensus, S.Sos beserta Kasi dan staf Dispar Kabupaten Buleleng, pada hari Selasa (21/05) menyelenggarakan kegiatan pelatihan Tata Kelola Destinasi Pariwisata di Kabupaten Buleleng yang dilatar belakangi oleh Pokdarwis setempat. 

Pokdarwis, menurut Kadis Pariwisata Buleleng Nyoman Sutrisna, merupakan penguat dari sumber daya pariwisata suatu daerah, selain peran masyarakat dalam memberikan pelayanan kepariwisataan. 

Maksud pelatihan diselenggarakan Dispar Buleleng ini, adalah sebagai upaya Pemkab Buleleng untuk meningkatkan daya saing SDM dalam mengelola destinasi di Kecamatan Gerokgak dan juga meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara. 

Sasaran pelatihan sebanyak 40 orang yang terdiri dari anggota Pokdarwis, dan stake holder pengelola destinasi pariwisata yang ada di Kecamatan Gerokgak bertempat di hotel Adi Assri, Pemuteran.

Selaku Kadis Pariwisata Kabupaten Buleleng, Nyoman Sutrisna secara resmi membuka pelatihan tersebut. Dalam pemaparannya tentang destinasi pariwisata Buleleng, Sutrisna menyimak terdapat 86 daya tarik wisata yg tersebar di 9 kecamatan. 

Dengan adanya pelatihan ini, terlebih Sutrisna mengintegrasikan para Pokdarwis memiliki tata kelola yang sistematik. Selain itu juga, Kadis Pariwisata Buleleng juga menyampaikan, bahwa dengan pelatihan ini partisipasi seluruh masyarakat di Kecamatan Gerokgak dapat meningkatkan pendapatan daerah serta mampu memberikan pelayanan yg maksimal.  

"POAC (Planning, Organizing, Actuating, and Controlling). Manajemen Organisasi. Planning meliputi pengaturan tujuan dan mencari cara, bagaimana untuk mencapai tujuan tersebut", jelas Sutrisna.

Terkait planning itu penting, menurut Sutrisna, karena banyak berperan dalam menggerakkan fungsi manajemen yang lain. Dengan  menggunakan pendekatan Sistematik, holistik, interdisipliner, dan partisipator (Ship), Sutrisna optimis pengembangan SDM, sehingga pariwisata berkelanjutan akan terwujud.

"SDM kompeten, SDM yang siap bersaing secara positif memajukan pariwisata di Kabupaten Buleleng", jelas Kadis Pariwisata Kabupaten Buleleng Nyoman Sutrisna meyakinkan Dewatanews.com di Singaraja. - Made Tirthayasa -

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com