Dengan Dana Pusat Mulai Diperbaiki Traffic Light Simpang Empat Penarukan - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

5/27/19

Dengan Dana Pusat Mulai Diperbaiki Traffic Light Simpang Empat Penarukan


Buleleng, Dewata News. Com —  Kerusakan yang terjadi pada ”Traffic :Light” (TL) simpang empat Penarukan akan segera berjalan normal sesuai fungsinya sebagai lampu pengatur lalu lintas, setelah pekerjaan perbaikan. Setelah melalui proses yang panjang, perbaikan sudah mulai dilakukan pada tanggal 22 Mei 2019 lalu. Pengerjaan ini merupakan satu paket jalur nasional dari batas Kota Singaraja sampai dengan batas Kota Amlapura, Karangasem, seperti diungkapkan Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Buleleng, Gede Gunawan Adnyana Putra, SE,M.Si saat ditemui Dewatanews.com di Singaraja, Senin (27/05).

Menurut Gde Gunawan.AP, bahwa TL simpang empat Penarukan sudah mulai dikerjakan dari tanggal 22 Mei 2019. Perbaikan ini dimulai setelah pihaknya belasan kali mengirim surat laporan kerusakan. Ini dilakukan mengingat TL tersebut berada di jalur nasional, sehingga kewenangan perbaikan ada di Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Balai Transportasi Darat (Transdar) Bali Nusra.

”Kami sudah informasikan dan sudah bersurat 14 kali. Setelah itu ada lampu hijau dari Kemenhub yang memastikan, bahwa pada tahun 2019 semua kerusakan akan diganti”, jelasnya mempermaklumkan kepada masyarakat pengguna jalan.


Setelah mendapat lampu hijau, pada bulan Januari, perbaikan TL simpang empat Penarukan beserta yang lainnya sampai ke batas kota Amlapura telah masuk dalam Dokumen Penggunaan Anggaran (DPA) Kemenhub. Tender pun dilakukan sampai pada bulan Februari telah mendapatkan pemenang.

”PT Mortex berhasil memenangkan tender paket perbaikan tersebut. Nilainya Rp1,7 Miliyar. Satu paket sepanjang batas kota Singaraja, Kubutambahan sampai ke batas kota Amlapura, Karangasem”, ujar Gde Gunawan.

Disinggung mengenai progress dari paket tersebut, Gde Gunawan mengungkapkan, setelah mendapatkan pemenang, survey pun dilakukan. Tahap selanjutnya adalah pembongkaran TL yang rusak pada tanggal 22 Mei 2019. Kemudian pemasangan beton rangka tiang TL. Secara teknis pemasangan beton rangka TL menunggu kering. Setelah itu, kelistrikan dan jaringan diperbaiki. ”Alatnya sudah ada, tinggal pasang saja,” ungkapnya.

Mantan Kepala Bagian Humas dan Protokol ini pun menghimbau kepada masyarakat yang melintas di simpang empat Penarukan agar tetap berhati-hati selama perbaikan. Himbauan ini diberikan, mengingat sejak pagi sampai siang hari memang sangat krodit, karena ada pusat bisnis, sekolah dan terminal.

”Selama ini, belum ada laporan kecelakaan yang fatal disana, namun kejadian tersebut tidak diinginkan. Oleh karena itu, kami himbau untuk selalu berhati-hati jika melintas. Kami juga sudah usulkan ke Pemerintah Pusat agar dibuatkan yellow box disana” jelas Gunawan.AP. (DN ~ TiR).—

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com