Kembangkan Sektor Pertanian, Bupati PAS Kumpulkan Ratusan Penyuluh Pertanian - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

4/13/19

Kembangkan Sektor Pertanian, Bupati PAS Kumpulkan Ratusan Penyuluh Pertanian


Buleleng, Dewata News. Com - Keluarnya Peraturan Gubernur (Pergub) Bali Nomor 99 tahun 2018 tentang pemasaran dan pemanfaatan produk pertanian, perikanan dan industri lokal Bali, berjalan lurus dengan rencana Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buleleng mengembangkan sektor pertanian.

Untuk mengimplementasikan hal tersebut, Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana mengumpulkan 300 orang penyuluh pertanian dari seluruh Kabupaten Buleleng guna diberikan pengarahan di Ruang Rapat Kantor Dinas Pertanian, Jumat (12/04).

Bupati Suradnyana menganggap pengarahan ini sangat penting diberikan kepada penyuluh pertanian. Kenapa? Karena penyuluh pertanian memiliki tugas dan fungsi memberikan penyuluhan kepada petani melalui pendekatan kelompok tani agar pengetahuan, keterampilan maupun sikap petani menjadi lebih baik dalam mengelola usaha tani guna meningkatkan kesejahteraannya.

Bukan hanya itu, penyuluh pertanian juga diminta agar mampu mengetahui potensi dari daerah tersebut dan permasalahan yang dihadapi oleh petani.

“Dengan kondisi geografis yang dimiliki Kabupaten Buleleng, berbagai macam tanaman bisa tumbuh dengan baik di Buleleng maka dari itu, pemetaan wilayah dan potensi-potensi yang ada harus dapat dirinci secara detail sehingga tanaman di daerah tersebut bisa menghasilkan buah dengan kualitas yang baik,” paparnya.

Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana juga mengatakan, Buleleng tidak harus menerapkan one village, one Productatau satu desa, satu produk karena topografi di dalam satu desa bervariasi.

Melalui pengarahan ini Dinas Pertanian diharapkan bisa lebih fokus lagi membuat terobosan-terobosan yang mampu mensejahterakan petani. 
Disamping itu, juga sebagai salah satu upaya meningkatkan hasil pertanian agar mampu terserap sesuai Pergub nomor 99 tahun 2018.

“Mulai sekarang saya harus mengambil ancang-ancang untuk meningkatkan produksinya, memperbaiki jenis tanamannya dan memetakan potensi yang sesuai dengan daerahnya, ini penting buat kita,” imbuhnya.

Sementara itu, Plt. Kepala Dinas Pertanian, Made Sumiarta mengatakan, pertemuan ini merupakan gagasan langsung dari Bupati Buleleng untuk membahas program-program pertanian.

“Tadi bapak bupati menekankan kami harus mampu memetakan potensi-potensi yang ada di desa-desa. Nanti kami akan melakukan pertemuan baik dengan petani dan petugas yang ada di lapangan,” pungkasnya. (DN - TiR).--

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com