Hiburan Rakyat dan Pekan Apresiasi Seni HUT ke-415 Kota Singaraja - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

4/21/19

Hiburan Rakyat dan Pekan Apresiasi Seni HUT ke-415 Kota Singaraja


Buleleng, Dewata News. Com —  Kegiatan Hiburan Rakyat dan Pekan Apresiasi Seni (PAS) memperingati HUT ke-415 Kota Singaraja yang rutin digelar, namun untuk kali ini diselenggarakan setelah puncak acara karena adanya pesta demokrasi, Pemilu Serentak 2019.  

Ketika membuka kegiatan Hiburan Rakyat dan PAS di Lapangan Bhuana Patra Singaraja, Sabtu malam (20/04), Wakil Bupati Buleleng dr.Nyoman Sutjidra, Sp.OG mengatakan, bahwa kegiatan yang ditunggu-tunggu warga Kota ini, sekaligus sebagai ajang untuk mempromosikan dan lebih mengembangkan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) yang ada di Buleleng.

Wabup Sutjidra menjelaskan, Hiburan Rakyat dan PAS ini yang akan berlangsung sampai dengan tanggal 29 April 2019 dimeriahkan oleh kegiatan lomba dan pentas seni, baik seni tradisional dan seni modern. Selain itu, terdapat pula berbagai UMKM di kegiatan ini.  Jumlahnya lumayan banyak, yang terdiri dari kuliner dan kerajinan, seperti kerajinan kain songket yang khas dari Buleleng. ”Kami bisa lihat saat ini, UMKM kuliner dan juga kerajinan dipromosikan di sini”, jelasnya.

Ajang tahunan ini, lanjut Wabup Sutjidra, juga bisa dimanfaatkan oleh masyarakat untuk lebih mengenal UMKM yang ada, baik itu kuliner maupun kerajinan-kerajinan, sehingga, UMKM bisa dipromosikan melalui Hiburan Rakyat dan PAS ini. 

Dengan promosi tersebut, Sutjidra berharap UMKM bisa lebih berkembang. Namun, selama ini, UMKM yang ada di Buleleng bisa dikatakan sudah jauh lebih bagus dan berkembang. Begitu juga dengan kuliner khususnya khas Buleleng. “Mudah-mudahan semua ini bisa berkembang, sehingga Buleleng nantinya bisa menjadi daerah pariwisata Kuliner dan pariwisata UMKM”, ujar Wabup Sutjidra.

Sementara itu, Camat Buleleng, Gede Dody Sukma Oktiva Askara, S.Sos.,M.Si yang juga sebagai Ketua Seksi Hiburan Rakyat menyebut, selain pengembangan UMKM, pihaknya memanfaatkan momentum hiburan rakyat ini untuk sosialisasi pengurangan timbulan sampah plastik. 

Pihak panitia mengajak seluruh pengunjung dan juga pedagang untuk mengurangi penggunaan plastik. “Kami juga membuka stan untuk edukasi kepada masyarakat, tentang bagaimana mengelola sampah rumah tangga”, ujarnya.

Mantan Sekretaris Kecamatan (Sekcam) Kubutambahan ini menambahkan, sosialisasi pengurangan timbulan sampah plastik juga akan diteruskan ke 17 kelurahan yang ada di Kecamatan Buleleng dan juga desa yang ada. Edukasi pengelolaan sampah rumah tangga juga akan dilakukan di seluruh wilayah Kecamatan Buleleng menuju target raihan trofi Adipura pada tahun 2021. ”Melalui dana kelurahan kami akan kuatkan kapasitas dan edukasi kepada masyarakat”, jelas Dody Sukma Oktiva Askara. (DN ~ TiR).—

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com