Buleleng Gencarkan Pelatihan Dasar SDM Kepariwisataan ”Goes to School” - Dewata News

Breaking News

Home Top Ad

Gold Ads (1170 x 250)

4/9/19

Buleleng Gencarkan Pelatihan Dasar SDM Kepariwisataan ”Goes to School”


Buleleng, Dewata News. Com — Dinas Pariwisata Kabupaten Buleleng dibawah kepemimpinan Ir.Nyoman Sutrisna, MM setelah menambah jumlah destinasi pariwisata di belahan Utara Bali, kini menggencarkan Pelatihan Dasar SDM Kepariwisataan ”Goes To School” (GTS) di Kabupaten Buleleng.

Kenapa ”Goes to School?” Menurut Kadis Pariwisaya Buleleng, Nyoman Sutrisna, karena sasaran pelatihan SDM Kepariwisataan ini menyasar kalangan akademis, baik para pelajar di tingkat SMKN maupun perguruan tinggi. 

Hal senada juga diamini Staf Ahli Percepatan Pariwisata Bidang SDM Kementerian Pariuwisata, I Gusti Ngurah Putra ditemui Dewatanewes.com saat rehat siang di Hotel Puri Bagus, Pemaron, Kecamatan Buleleng, Selasa (09/04).

Pelatihan Dasar SDM Kepariwisataan ”Goes To School” yang berlangsung sehari di Hotel Puri Bagus itu diikuti oleh 160 orang peserta yang merupakan pelajar SMKN di Singaraja.

Masih menurut Kadispar Buleleng Nyoman Sutrisna,  sebagai upaya untuk meningkatkan jumlah kunjungan serta lama tinggal wisatawan di Kabupaten Buleleng diperlukan peningkatan kualitas dan kuantitas SDM. Selain itu, diperlukan semangat kerja sama dari semua stakeholder pariwisata yang terkait dari 5 pilar pariwisata yang disebut sebagai ”Penta Helix”.

Oleh Menteri Pariwisata, bahwa ”Penta Helix” ini terdiri dari unsur Pemerintah,  Industri Pariwisata, Komponen Masyarakat, Sekolah-sekolah dan media massa untuk terus menerus mengembangkan segala potensi pariwisatanya, baik itu alam, budaya dan adat istiadat, sehingga dapat terus berlanjut untuk masa-masa yang akan datang.

Untuk sasaran di perguruan tinggi, dijelaskan Kadispar Buleleng Nyoman Sutrisnya, sudah dilakukan beberapa waktu lalu di Auditorium Undiksha Singaraja. ”Peran perguruan tinggi/sekolah sebagai salah satu stakeholder dalam Pentahelix dewasa ini sangatlah penting”, jelas Nyoman Sutrisna.

Pelatihan Dasar SDM Kepariwisataan ”Goes To School”, lanjut Sutrisna, karena sekolah sebagai media yang nantinya sebagai pencetak tenaga kompetensi dan kualifikasi yang sangat diharapkan.

Sementara itu, Kadis Pariwisata Provinsi Bali A.A.Yuniartha Putra, SH, MH menyatakan, bahwa Pelatihan Dasar SDM Kepariwisataan ini merupakan salah satu program Kemenpar RI di semua daerah di Indonesia, di samping menargetkan kunjungan  wisatawan mancanegara dan pergerakan wisatawan nusantara, juga memberikan atensi khusus untuk menyiapkan SDM di sector kepariwisataan, terutama dari segi pelayanan kepada wisawatan secara utuh.

Sekolah/Perguruan Tinggi menjadi sasaran, dijelaskan Agung Yuniartha Putra, agar nantinya standar pelayanan minimal sama di seluruh Indonesia.

Hal senada juga disampaikan Staf Ahli Percepatan Pariwisata Bidang SDM Kementerian Pariuwisata, I Gusti Ngurah Putra, bahkan pengembangan destinasi juga merupakan prioritas Kemenpar.

Setelah rehat siang peserta Pelatihan Dasar SDM Kepariwisataan ”Goes To School” menerima materi dari Dinas Pendidikan Provinsi Bali. (DN ~ TiR).—

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com