Pemkab Buleleng 'Ngaturang Bhakti Pujawali' di Pura Segara Giri Gilimenjangan - Dewata News

Breaking News

Home Top Ad

Gold Ads (1170 x 250)

3/20/19

Pemkab Buleleng 'Ngaturang Bhakti Pujawali' di Pura Segara Giri Gilimenjangan


Buleleng, Dewata News. Com —  Bertepatan dengan Purnama Kedasa, Rabu (20/03), Pemerintah Kabupaten Buleleng melaksanakan persembahyangan bersama serangkaian puncak upacara Pujawali di Pura Segara Giri Gilimenjangan.

Rombongan dipimpim oleh Wakil Bupati Buleleng dr. I Nyoman  Sutjidra,Sp.OG didampingi oleh sejumlah Pimpinan OPD lingkup Pemkab Buleleng.

Wakil Bupati Nyoman Sutjidra mengatakan, bahwa pujawali yang bertepatan dengan Purnama  sasih Kedasa ini merupakan momentum bagi seluruh masyarakat untuk menjadikan sebuah moment untuk menjaga keharmonisan antara parahyangan, palemahan, dan pawongan sebagai impelementasi dari Tri Hita Karana.

Selain itu, Wabup Sutjidra juga turut mengapresiasi penerapan upaya pengurangan sampah plastik di Pura Segara Giri Gilimenjangan yang digagas pangempon dan pengamong pura. 

"Dengan pelaksanaan pujawali ini mari kita tingkatkan rasa sradha bhakti sebagai upaya menjaga harmonisasi antara parahyangan, pawongan, dan palemahan sebagai impelementasi Tri Hita Karana," ungkapnya.

Wabup berharap, melalui ritual ini senantiasa mendapatkan kerahayuan dan diberikan tuntunan dalam melanjutkan pembangunan, khususnya di Kabupaten Buleleng.

"Semoga melalui persembahyangan pujawali ini kita mendapat tuntunan dalam melanjutkan pembangunan," harapnya.

Sementara itu, Kelian Desa Pakraman Sumber Kelampok Jro Nengah Dadia yang juga selaku pengempon pura turut menghimbau masyarakat yang hendak tangkil dan memohon tirta wangsuhpada agar menyiapkan tempat tirta yang ramah lingkungan dan dibawa dari rumah masing-masing.

"Untuk mengurangi penggunaan plastik, kami turut menghimbau kepada pemedek saat nunas tirta Ida Bhatara agar membawa tempat yang ramah lingkungan, tidak diperkenankan lagi menggunakan plastik," Jro Nengah Dadia mengimbau. (DN ~ TiR).

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com