Bupati PAS Minta ASN Tidak Berpolitik Praktis - Dewata News

Breaking News

Home Top Ad

Gold Ads (1170 x 350)

3/1/19

Bupati PAS Minta ASN Tidak Berpolitik Praktis


Buleleng, Dewata News. Com — Menyikapi pesta demokrasi, Pemilu Serentak 2019, Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana,ST mengisyaratkan ASN di lingkup Pemkab Buleleng untuk tidak terlibat politik praktis. ”Sebagai ASN di Buleleng agar bekerja profesionalisme dan terus menunjukkan kinerja yang baik menjadi pelayan masyarakat”, kata Bupati PAS saat memberikan pengarahan dalam Apel Krida di Taman Kota Singaraja, Jumat (01/03).

Bupati PAS juga mengingatkan, bahwa di tahun politik ini akan banyak sekali kegiatan politik di masyarakat. Untuk itu, bupati tidak ingin ASN terpengaruh dengan aktivitas politik praktis tersebut.

”Saya minta tolong sekali, jangan memasukkan wilayah-wilayah politik untuk dibaurkan dengan kinerja”, pintanya.

PAS melihat bahwa saat ini banyak ASN yang memanfaatkan tahun politik ini untuk menyatakan dukungan kepada salah satu calon tertentu, dengan harapan memperoleh keuntungan tertentu dari dukungan yang disampaikannya itu. Meskipun diakui, bahwa urusan politik menjadi salah satu hal penting dalam proses penyelenggaraan Pemerintahan Daerah. Terlebih dirinya adalah seorang kepala daerah yang berasal dari orang politik dan terpilih dari proses politik.

Mantan anggota DPRD Bali ini juga menyatakan, bahwa dalam melakukan evaluasi kinerja ASN, akan lebih banyak menggunakan indikator kemampuan kerja seorang ASN. Meskipun ada pertimbang politis di dalamnya, namun hal itu tidak dominan. Selaku Bupati, PAS akan profesional dan objektif dalam melakukan penilian kinerja, termasuk ketika akan memberikan promosi pegawai.

”Artinya begini, ketika PNS itu bekerja dengan profesional, bekerja dengan baik, maka (penilaian) angel politiknya pasti hilang. Tapi ketika PNS ikut-ikutan berpolitik, angel politiknya pasti dominan untuk saya selesaikan”, ungkap Bupati PAS.

Bupati yang hoby masak ini juga mengajak segenap pegawai yang hadir pada kesempatan itu untuk lebih baik menunjukkan kinerja yang terbaik ketimbang masuk ke ranah politik praktis. Sehingga seluruh ASN tetap fokus  dalam menyelesaikan tugas dan fungsinya dengan baik.

Bupati PAS juga meminta kepada seluruh ASN untuk tetap semangat dalam bekerja, terutama kepada PNS yang sebentar lagi akan memasuki masa pensiun. Dengan banyaknya pimpinan SKPD yang akan mamasuki usia pensiun tahun ini, dirinya mengakui bahwa ada kecenderungan kinerja SKPD bisa menurun. Untuk itu, dia menegaskan agar kinerja jajaran staf di masing-masing SKPD terus didiorong, sehingga apa yang manjadi target bisa tercapai.

“Teman-teman (pimpinan) OPD yang mau pensiun tolong jangan kendor semangatnya, agar semangat terus, dan bawahannya tolong juga dorong untuk berkinerja yang baik”, tandasnya.

PAS juga akan mencari format yang baik dalam memberdayakan seluruh pegawai yang ada, mengingat jumlah PNS sekarang terus berkurang, dan tenaga kontrak semakin banyak. Dengan demikian, masing–masing OPD diharuskan memberikan laporan kepada Bupati untuk mendapatkan format yang baik dalam pemberdayaan PNS maupun staf sebagai tenaga kontrak di lingkup Kabupaten Buleleng agar bisa berkinerja dengan maksimal. (DN ~ TiR).—

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com