Aksi Bersih di Hari Strategi Konservasi Dunia - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

3/15/19

Aksi Bersih di Hari Strategi Konservasi Dunia


Gianyar, Dewata News. Com - Aksi bersih pantai dengan melibatkan ribuan orang dari berbagai stockholder, kembali digelar oleh Pemkab Gianyar, Jumat (16/3) hari ini.

Pegawai di lingkungan Pemkab Gianyar, anggota TNI/Polri, siswa, warga sekitar, aktivis lingkungan hingga wisatawan asing  tak ketinggalan berburu sampah plastik sebanyak-banyaknya sepanjang pantai.
Hasilnya, Pantai Saba dengan sempadan terluas di Gianyar ini pun bersih dan asri tanpa gangguan sampah plastik. 

Tidak hanya berburu sampah, seluruh perserta pun diajak senam bersama untuk peregangan setelah aksi bersih sampah. 

Mengambil momentum peringatan Hari Strategi Konservasi Se-Dunia, ratusan Tukik yang sudah dipersiapkan oleh Balai Penangkaran Penyu Desa Saba ini sengaja dilepas dimomentum ini.

Salah seorang wistawan asing asal Kanada, Jenelle,  yang mengajak seluruh anggota keluarganya mengaku sangat berbahagia ambil bagian dalam kegiatan itu. 
Berbaur bersama warga membersihkan pantai, baginya, adalah sebuah kehormatan, dipagi ini menjadi acara dengan pengalaman spesial untuknya belajar bersama dengan keluarganya. " This Morning, a specail days for me. New Eksperient dan education for my family,"  paparnya.


Tak cukup dengan pelepasan tukik, kegiatan dilanjutkan dengan penanaman ratusan bibit pohon yang disiapkan oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Gianyar, langsung ditebar yang diawali oleh Asisten Administrasi Setda Gianyar, Wayan Suardana didampingi Kepala DLH Gianyar, I Wayan Kujus Pawitra. Diiikuti kemudian oleh seluruh peserta dwmgan bergerak melebar ke sertuasn titik lebih."Kami siapkan Pohon Kelapa, Pudak dan Pandan yang sangat cocok tumbuh dan merindangi pantai, " ungkap Kadis DLH Gianyar, I Wayan Kujus Pawitra.

Kegiatan rutinitas ini,  memang selalu melibatkan berbagai komponen, karena bagaimanapun kesadaran harus ditumbuhkan. Pihaknya juga menekankan pada pengurangan pemanfaatan kantong plastik, yang dimulai dari lingkungan keluarga. Sebab dalam setiap harinya, pihaknya memperkirakan lima ratus ribu kantong plastik masih dimanfaatkan warga Gianyar. Mulai dari aktivitas ke pasar hingga aktivitas laiannya.  Karena itu, warga didorong untuk membudayakan pemanfaatan kantong ramah lingkungan.

 “Tanpa menunggu momentum,  kebersihan lingkungan kami harapkan selalu  terjaga.  Sekaligus membangkitkan kesadaran, bahwa permasalahan sampah wajib diantisipasi sejak dini.   Mulai dari rumah tangga dengan  tidak membuang sampah di sungai,  yang ujung-ujungnya akan mengotori pantai di bagian hilir sungai,” pungkasnya. (DN - CiN)

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com