YKI Cabang Gianyar bersama Dinkes, Berikan Imunisasi HPV Gratis untuk siswi SMPN - Dewata News

Breaking News

Home Top Ad

Gold Ads (1170 x 250)

2/25/19

YKI Cabang Gianyar bersama Dinkes, Berikan Imunisasi HPV Gratis untuk siswi SMPN


Gianyar, Dewata News. Com - Tahun 2018 berdasarkan data dari YKI cabang Gianyar, di Kabupaten Gianyar nihil kasus baru  penderita kanker serviks. Ini merupakan prestasi dan buah dari kerja keras yang dilakukan Pemkab. Gianyar melalui Dinas Kesehatan dan YKI Cabang Gianyar yang tiada hentinya berupaya mensosialisasi pencegahan kanker serviks. Hal ini ditegaskan oleh Ketua YKI Cabang Gianyar Ny. Surya Adnyani Mahayastra saat pemberian imunisasi HPV (human papilloma virus) gratis pada  siswi SMPN 1 Gianyar, di Poliklinik Kesehatan Perempuan AMAN, di Sekretariat PKK Kab. Gianyar, Senin (25/2).

Pemberian imunisasi HPV bagi siswi ini merupakan program rutin YKI Cabang Gianyar bekerjasama dengan Dinas Kesehatan, dalam upaya pencegahan kanker serviks. Imunisasi HPV ini menurut Ny. Adnyani Mahayastra diutamakan untuk anak sekolah menengah pertama putri kelas VII dan wanita usia subur dengan faktor resiko kanker. Pemberian imunisasi HPV ini menurut Ny. Adnyani Mahayastra telah dimulai sejak tahun 2015 lalu, dengan jumlah sasaran terus meningkat tiap tahunnya.

“ Inilah bukti dari kerja keras kami di YKI, kita di Kabupaten Gianyar bisa menekan jumlah kasus penderita kanker serviks bahkan tahun 2018 nihil kasus baru. Kedepannya kami akan terus berusaha, tidak hanya sebatas kanker serviks namun juga untuk jenis kanker yang lainnya,” tegas Ny. Adnyani Mahayastra.

Tidak lupa pula pada kesempatan itu, istri Bupati Gianyar Made Mahayastra itu selalu mengingatkan pada seluruh siswi akan tetap menerapkan pola hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari. Jaga kebersihan diri, makan makanan yang sehat dan hindari berprilaku yang tidak sehat seperti merokok dan lain-lainnya.

Salah satu siswi Gita Sasmita Amandari, siswi kelas VII SMPN 1 Gianyar, mengaku sangat senang dengan pemberian imunisasi gratis ini. Sebab selain harga vaksin yang cukup mahal jika dilakukan ditempat praktek dokter.  Gita siswi asal Br. Kesian Desa Lebih ini sudah sangat memahami akan bahaya kanker serviks. Dirinya bersama teman-teman lainnya juga sudah sering mendengarkan sosialisasi bahaya kanker serviks melalui KSPAN di sekolahnya.

Sementara itu Sekretaris YKI cabang Gianyar Dewa Oka Harimbawa,SKM.M.Kes menambahkan, tahun ini jumlah sasaran imunisasi  HPV  di Kabupaten Gianyar untuk siswa dan wanita usia subur dengan faktor resiko kanker dengan jumlah sasaran sebanyak 3737 siswa dan target 2823 siswa dengan jumlah vaksin yang disediakan sebanyak 5646 vial.

Untuk pemberian imunisasi diberikan sebanyak 2 kali, dan diulang 6 bulan berikutnya. Namun menurut Dewa Oka Harimbawa untuk yang keluarga bersiko kanker diberikan sebanyak 3 kali dengan diulang tiap 3 bulan sekali.

Pemberian imunisasi HPV untuk siswa SMPN1 Gianyar dipusatkan di Poliklinik Kesehatan Perempuan AMAN yang berlokasi di Sekretariat PKK kabupaten Gianyar. Sedangkan siswi SMPN lainnya juga dilakukan secara serentak namun langsung jemput bola langsung kesekolah-sekolah sasaran dengan melibatkan puskesmas di wilayah masing-masing. (DN - CiN)

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com