Wakil Ketua Dekranasda Provinsi Bali Ny.Tjok Putri Haryani Kunjungi Buleleng - Dewata News

Breaking News

Home Top Ad

Gold Ads (1170 x 350)

2/21/19

Wakil Ketua Dekranasda Provinsi Bali Ny.Tjok Putri Haryani Kunjungi Buleleng


Buleleng, Dewata News. Com —  Guna memfasilitasi pengembangan produk kerajinan dan mempromosikan produk hasil kerajinan dalam rangka perluasan pasar, Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Bali mengunjungi Kabupaten Buleleng. Dekranasda Provinsi Bali yang dipimpin oleh Wakil Ketua Dekranasda Provinsi Bali Ny. Tjok Putri Haryani Ardhana Sukawati datang untuk melakukan pembinaan kepada para pengrajin.

Rombongan diterima langsung oleh Ketua Dekranasda Kabupaten Buleleng, Ny. Gusti Ayu Aries Sujati Suradnyana di Ruang Rapat Kantor Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagprin) Kabupaten Buleleng, Kamis (21/2).

Ny. Tjok Putri Haryani Ardhana Sukawati dalam sambutannya menjelaskan jika keberadaan Dekranasda sebagai wadah pembinaan seni kerajinan dapat memberikan kesempatan usaha bagi masyarakat serta menyiapkan regenerasi sumber daya manusia/perajin yang unggul dalam menggali, melestarikan dan mengembangkan warisan tradisi dan budaya bangsa. Dukungan kemandirian ekonomi masyarakat khususnya pengrajin juga dilakukan. Meningkatkan daya saing produk kerajinan berbasis kearifan lokal dengan skala global melalui pengembangan inovasi, kreatifitas dan efisiensi. 

“Kita juga harus bisa meningkatkan hubungan kemitraan dan kerajinan dengan lembaga nasional dan internasional dibidang industri kerajinan,” jelasnya. 

Lebih lanjut, pengrajin diharapkan terus meningkatkan inovasi, kreatifitas dan keterampilan serta mengembangkan potensi industri kerajinan yang dapat menjadi sumber peningkatan kesejahteraan masyarakat. Guna peningkatan kemampuan pengrajin dalam bidang produksi, pembinaan terus dilakukan berupa pembinaan teknik produksi, mutu, desain produk, dan menajemen usaha. Peningkatan produksi juga menjadi concern dari Dekranasda Provinsi Bali. 

“Di samping itu tujuan kami memfasilitasi pengrajin untuk mendapatkan perlindungan hukum atas hak kekayaan intelektual berupa hak cipta dan desain,” harap Ny. Putri Haryani Ardhana Sukawati.

Sementara itu, Ny. Gusti Ayu Aries Sujati Suradnyana memaparkan betapa beragamnya kerajinan dan juga pengrajin di Kabupaten Buleleng. Dirinya sudah berkeliling untuk membina para pengrajin untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas hasil kerajinan. Pengembangan produksi dan juga munculnya inovasi terus dibina agar pengrajin di Buleleng bisa lebih berkembang. “Kita di Buleleng terus mendata jumlah pengrajin dan jenis kerajinan yang dibuat untuk dikembangkan,” paparnya.

Istri dari Bupati Buleleng, Putu Agus Suradnyana, ST juga menambahkan beberapa pengrajin di Kabupaten Buleleng telah mendapatkan bantuan mesin produksi dari Kemeterian Perindustrian. Bantuan tersebut dimanfaatkan untuk meningkatkan hasil produksi dan mempermudah prosesnya. Pemanfaatan bantuan mesin tersebut juga telah dipantau dan diberikan pembinaan. 

“Syukurnya ada beberapa pengrajin sudah menerima bantuan mesin. Saya bersama jajaran di Dekranasda Buleleng sudah berkeliling dan memantau pemanfaatannya,” tutup Ny. Gusti Ayu Aries Sujati Suradnyana. (DN ~ TiR).—

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com